Tips Kesehatan Tubuh dan Pikiran

Tips Kesehatan Tubuh dan Pikiran

146
0
SHARE
Source: shutterstock

KabarFemale—Makan dengan baik memberi manfaat kesehatan jangka panjang, seperti mengurangi resiko penyakit jantung, kanker, dan diabetes, tapi banyak juga manfaat jangka pendeknya. Pilihan makanan bernutrisi membuat tingkat energi stabil, meningkatkan kekebalan, dan membantu tidur lebih baik. Teruslah membaca tentang tips kesehatan tubuh dan pikiran berikut ini.

Apa saja tips kesehatan tubuh dan pikiran?

Konsumsi almond
Tips kesehatan tubuh dan pikiran pertama yakni almond. Simpan almond di freezer agar tetap segar. Beri tambahan bumbu untuk hidangan pembuka, campurkan ke dalam salad atau makan langsung sebagai cemilan. Almond memberi gabungan protein dan karbohidrat sekaligus mengurangi tingkat kolesterol.

Mulai makan Anda dengan sup
Penelitian menyebutkan kalau memulai makan malam dengan sup sayuran bisa membantu Anda mengkonsumsi 20 persen lebih sedikit kalori saat makan.

Hindari sayur kalengan
Pilih sayuran beku sebagai alternatif. Sayuran kalengan biasanya telah ditambahkan sodium, sedang sayuran beku tidak.

Makan salad bersama sardin
Pada tiap 3 ounce sajiannya, Anda mendapat 1950 mg emoga 3 yang menyehatkan.

Pilihan keju
Pilih keju seperti extra-sharp, yang bisa memberi cita rasa lebih kuat agar Anda tidak terlalu banyak menggunakannya dan mengurangi lemak jenuh serta kalori.

Pilih beras coklat
Pilih beras coklat ketimbang beras putih untuk penambahan serat. Per gelas takar, beras coklat memiliki 3 gram serat lebih banyak dibanding beras putih.

Luangkan waktu untuk bermeditasi
Meditasi adalah cara untuk menjaga keseimbangan tubuh dan pikiran. Dalam meditasi Anda mengalami kondisi tenang dan tubuh beristirahat meski pikiran terjaga. Peneliti menyebutkan manfaat meditasi termasuk penurunan hipertensi, penyakit jantung, kecemasan, depresi, insomnia, dan perilaku adiktif.
Sedikitnya 8 minggu meditasi tidak hanya membantu orang jadi lebih tenang tapi juga menghasilkan perubahan pada berbagai area otak, temasuk pertumbuhan di area yang terkait dengan memori, empati, dan regulasi stres.

Melepaskan racun emosional
Banyak dari kita memiliki racun emosional dalam bentuk kemarahan atau kekecewaan yang tidak diekspresikan. Semua ini menyebakan racun di tubuh dan perlu dihilangkan. Setelah mengidentifikasi apa yang terjadi pada tubuh Anda, luangkan waktu berpikir tentang bagaimana hidup Anda akan berbeda bila Anda berubah. Lalu Anda bisa lakukan ritual spesifik untuk melepaskan emosi ini.

Tertawa
Bagian akhir dari tips kesehtan tubuh adalah dnegan tertawa. Dari perspektif ilmiah, tertawa jadi fenomena elegan tubuh dan pikiran yang mengurangi produksi hormon stres dan meningkatkan sistem kekebalan. Penelitian di Jepang menemukan kalau orang dengan rheumatoid arthritis yang menonton atau membaca komik humor mengalami penurunan signifikan pada rasa sakit dan tingkat hormon stres.

AFI150801(9)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY