Tips Kesehatan Kulit

Tips Kesehatan Kulit

183
0
SHARE
Source: shutterstock

KabarFemale— Perawatan kesehatan kulit yang baik, termasuk perlindungan dari sinar matahari dan pembersihan yang baik, bisa menjadikan kulit sehat dan bersinar hingga bertahun-tahun ke depan. Tidak punya waktu untuk perawatan kulit intensif? Anda masih bisa melakukannya sendiri. Pilihan perawatan kulit yang baik dan gaya hidup yang sehat bisa menunda proses penuaan alami dan mencegah berbagai masalah kulit.

Tips untuk menjaga kesehatan kulit

Perlindungan dari sinar matahari
Salah satu cara paling penting dalam menjaga kesehatan kulit adalah melindunginya dari sinar matahari. Paparan pada sinar matahari bisa menyebabkan kerutan, area penuaan, dan masalah kulit, serta peningkatan resiko kanker.

Untuk perlindungan lengkap dari sinar matahari:
– Gunakan tabir surya. Gunakan tabir surya dengan SPF setidaknya 15. Gunakan tabir surya setiap dua jam atau lebih sering bila Anda berenang.
– Hindari sinar matahri antara jam 10 hingga 2 siang ketika terpaan matahri paling kuat.
– Kenakan pakaian pelindung. Tutupi kulit dengan baju lengan panjang, celana panjang, dan topi.

Jangan merokok
Merokok membuat kulit terlihat lebih tua dan menyebabkan keriput. Merokok mempersempit pembuluh darah kecil di lapisan kulit, sehingga menurunkan aliran darah. Akibatnya oksigen kulit dan nutrisi yang penting untuk kesehatan kulit berkurang. Merokok juga merusak kolagen dan elastin, serat yang memberi kekuatan dan elastisitas kulit. Selain itu, pengulangan ekspresi wajah ketika merokok seperti mengerutkan bibir ketika menghirup dan mengedipkan mata ketika mengeluarkan asap bisa menimbulan kerutan.

Rawat kulit dengan baik
Agar kulit tetap lembut:
– Batasi waktu mandi. Air panas dan mandi untuk waktu yang lama menghilangkan minyak dari kulit. Batasi waktu mandi dan gunakan air hangat.
– Hindari sabun berformula kuat. Sabun dan deterjen berformula kuat bisa mengurangi minyak dari kulit.
– Setelah mandi, perlahan tepuk-tepuk kulit hinga kering dengan handuk agar kelembaban tetap terjaga.
– Bila kulit Anda kering, gunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Makan makanan yang sehat
Makanan yang sehat bisa membantu Anda terlihat dan merasa lebih baik. Makan banyak sayur, buah, dan protein. Hubungan antara pola makan dan jerawat masih belum jelas tapi penelitian menyebutkan kalau pola makan kaya vitamin C dan rendah lemak bisa meningkatkan kulit terlihat lebih muda.

Atasi stres
Yang terakhir untuk menjaga kesehatan kulit adalah dengan menghindari stres. Stres yang tidak terkontrol bisa membuat kulit lebih sensitif dan memicu jerawat dan masalah kulit lainnya. Agar kulit tetap sehat dan pikiran juga tenang, atasi stres Anda.

AFI150801(14)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY