Tips Kesehatan Keluarga Yang Perlu Anda Ikuti

Tips Kesehatan Keluarga Yang Perlu Anda Ikuti

170
0
SHARE
source : blogspot.com

KabarFemale—Ingin tahu cara agar keluarga selalu sehat dan bugar? Ada strategi untuk menciptakan keluarga yang sehat. Berikut ini beberapa tips kesehatan keluarga yang patut Anda coba.

Apa saja tips kesehatan keluarga yang perlu dilakukan?

Makan sebelum merasa lapar
Tips kesehatan keluarga yang pertama adalah tidak membiarkan tubuh merasa lapar. Untuk menjaga berat badan yang sehat Anda harus makan, bukan dengan membiarkan diri kelaparan. Bila Anda tidak makan secara teratur, rasa lapar menyebabkan hormon ghrelin meningkat. Butuh sekitar 30 menit untuk hormon ini kembali normal ketika Anda mulai makan, tapi dalam 30 menit Anda kemungkinan akan makan banyak kalori dibanding ketika perut tidak terlalu kosong.

Olahraga 20 menit setiap hari di rumah
Kenapa harus di rumah? Bila Anda harus pergi ke tempat lain untuk berolahraga berarti Anda membutuhkan lebih dari 20 menit. Satu jam adalah waktu yang terlalu lama sedangkan 20 menit merupakan waktu yang singkat. Bila Anda menikmati sesi olahraga 20 menit ini, kemungkinan Anda melakukannya lebih lama yang berarti lebih baik untuk jantung Anda.

Makan malam bersama setiap hari
Kebiasaan makan bersama tidak hanya meningkatkan kebiasaan makan anak tapi juga nilai dan keinginan mereka untuk terbuka pada Anda. Ketika satu keluarga makan bersama, tercipta harmoni emosional yang berdampak baik untuk kesehatan jangka panjang. Bila tidak bisa bersama saat makan malam, ganti menjadi sarapan bersama.
Bermain bersama setiap hari

Seperti olahraga di rumah selama 20 menit, bergerak aktif sebagai keluarga juga penting. Bergerak mengeluarkan keringat adalah gerakan anti penuaan juga. Aktiftkan otot Anda dengan berdansa atau menangkap bola.

Jangan lupa bicara pada anak tentang tujuan dari makan makanan sehat, dan minta mereka saling mengingatkan bila ada diantara anggota keluarga yang makan makanan siap saji. Ini akan membuat mereka merasa jadi bagian dari solusi, bukan merasa sendirian dan terpaksa mengikuti aturan makan yang sehat.

Bercerita menjelang tidur
Bagian akhir dari tips kesehatan keluarga kali ini adalah membacakan cerita atau Anda bisa berbicara tentang aktifitas di hari itu pada anak yang lebih besar. Ini jadi waktu bagi Anda untuk mendengar mereka. Pastikan Anda memiliki rutinitas waktu tidur. Tidak mendapat sekitar 7 jam tidur bisa menjadi faktor penyebab serangan jantung dan stroke. Biarkan kamar tidur sejuk dan gelap. Bila tidak bisa tidur dalam 15 menit, bangunlah dari tempat tidur dan lakukan aktifitas yang bisa membuat Anda rileks.

 

 

AFI150801

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY