Tips Kehamilan Bulan 7 Bulan (Minggu 26-30)

Tips Kehamilan Bulan 7 Bulan (Minggu 26-30)

249
0
SHARE
Source : newparent.com

KabarFemale—Selain menjaga kehamilan dengan rutin menjaga asupan nutrisi dan melakukan olahraga ringan untuk menjaga tubuh tetap bugar, Anda juga harus memperhatikan tumbuh kembang janin sesuai dengan usia kehamilan Anda. Apalai disaat usia kandungan telah mencapai bulan ke 7, tertu perkembangan janin juga harus selalu diperhatikan sesering mungkin. Ada beberapa tips kehamilan 7 bulan yang dapat Anda lakuka.

Berikut adalah tips kehamilan 7 bulan di minggu 26-30:

1. Minggu 26
Tips kehamilan 7 bulan yang pertama yaitu pada minggu 26. Pada awal minggu 26 janin mulai menunjukkan keaktifannya bergerak. Anda akan mulai merasakan nyeri-nyeri pada tulang rusuk akibat ini. Selain itu Anda juga akan mengalami peningkatan berat badan yang disertai dengan nyeri pada sisi perut akibat adanya peregangan otot. Bukan hanya itu saja Anda juga akan emngalami gangguan pencernaan akibatadanya tekanan pada perut. Pada minggu disarankan Anda banak mengonsumsi makanan berserat seperti sayuran dan buah untuk tetap menjaga pencernaan Anda.

2. Minggu 27
Selanjutnya pada minggu ke 27 janin Anda juga akan semakin aktif bahkan mulai bisa meenghisap jempolnya sendiri. Pada minggu ini Anda akan mendapati adanya stretch mark yang mulai muncul di daerah sekitar perut. Pada masa ini disarankan Anda mulai memakai lotion atau gel pemudar stretch mark, selain itu Anda juga sudah mulai bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan atau bidan untuk memprediksi kapan masa persalinan Anda.

3. Minggu 28
Pada minggu 28 ini janin mengalami penambahan berat badan hingga mencapai 1,5 kg. Pada masa ini organ janin sudah mulai berfungsi, janin sudah bisa bermimpi dan membuka kelopak matanya. Pada masa ini Anda akan semakin berat menopang beban sehingga biasanya akan timbul pembengkakan pada kaki, nyeri pada bagian perut, dan gejala sesak nafas. Pada minggu ini disarankan Anda untuk lebih banyak melakukan istirahat, selain itu Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menyewa asisten khusus kehamilan professional untuk menangani keluhan-keluhan Anda yang mungkin terjadi.

4. Minggu 29
Tips selanjutnya yaitu pada minggu 29. Pada masa ini janin Anda sudah memiliki penglihatan yang baik, bahkan akan merespon saat Anda menyinarkan cahaya. Pada minggu ini Anda akan mengalami penambahan berat badan hingga 11-13 kg. Selain itu Anda juga akan beresiko mengalami gejala persalinan premature seperti adanya cairan merah muda, nyeri punggung bagian bawah, dank ram perut. Bila terjadi demikian maka segera hubungi dokter. Pada saat ini Anda disarankan untuk lebih banyak melakukan istirahat dan makan banyak makanan dengan kandungan zat besi, karena pada minggu juga rentan terhadap naik turunnya tekanan darah.

5. Minggu 30
Tips terakhir pada minggu 30 janin semakin besar dan mampu mengontrol tingkat suhu tubuhnya sendiri. Pada minggu ini Anda akan mengalami ketidaknyamanan pada rusuk akibat bayi yang terus mendorong, namun Anda masih memiliki waktu sekitar 10 minggu lagi menuju persalinan. Disarankan pada masa ini untuk lebih berhati-hati dalam beraktivitas karena resiko kelahiran premature menjadi lebih rentan. Kunjungi dokter kandungan atau bidan untuk selalu melakukan konsultasi dan pemeriksaan kandungan.

Itulah tips kehamilan 7 bulan yang dapat Anda lakukan. Semoga bermanfaat.

BFI150401134

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY