Tips di Usia Kehamilan 4 Bulan

Tips di Usia Kehamilan 4 Bulan

211
0
SHARE
Source : theearlysignsofpregnancy.com

KabarFemale—Menjaga kehamilan memang merupakan tugas yang sangat penting demi perkembangan janin yang optimal. Dalam menjaga kehamilan tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan, apalagi saat memasuki usia kehamilan 4 bulan. Karena pada masa ini merupakan masa keberlangsungan yang sangat penting dimana janin mulai berkembang dengan signifikan.

Untuk itulah ada beberapa tips yang perlu diperhatikan saat memasuki usia kehamilan 4 bulan, diantaranya:

1. Mulai hindari memakai sepatu berhak tinggi
Tips pertama saat memasuki usia kehamilan 4 bulan adalah mulailah untuk menghentikan pemakaian sepatu dengan hak tinggi. Wanita memang tidak bisa lepas dari yang namanya high heels ataupun stiletto. Akan tetapi hal ini akan menjadi bahaya saat Anda tetap menggunakannya di saat hamil. Pada usia kehamilan 4 bulan merupakan masa kehamilan yang rentan akan keselamatan janin. Jadi lebih baik Anda mulai berhenti memakai sepatu hak tinggi ya bun agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

2. Gunakan bantal tambahan saat tidur
Masalah yang kerap terjadi pada wanita hamil adalah susah tidur karena bentuk tubuh yang mulai tidak nyaman. Untuk sebaiknya Anda menggunakan bantak tambahan pada sisi tubuh Anda untuk menahan perut dengan posisi tidur menyamping. Hal ini untuk menjaga pembuluh darah Anda agar tidak tertekan oleh beban perut yang dapat membuat Anda menjadi sesak nafas. Pada saat hamil posisi tidur terbaik adalah dengan menyamping atau miring ke kiri atau ke kanan.

3. Pastikan untuk selalu mengonsumsi makanan sehat
Selain itu pada masa usia kehamilan 4 bulan Anda juga harus selalu memenuhi asupan nutrisi yang tepat. Karena pada masa ini merupakan perkembangan janin yang sangat menentukan untuk bulan-bulan selanjutnya. Pada masa ini semua organ janin mulai terbentuk dengan sempurna, untuk itu perlu dukungan nutrisi yang cukup terutama zat besi agar pertumbuhan janin menjadi optimal.

4. Tetap olahraga
Selama hamil bukan berarti lantas Anda mengehentikan aktivitas bergerak terutama olahraga. Olahraga tetap penting untuk menjaga tubuh Anda agar tetap fit dan bugar. Kan tetapi mulai saat ini Anda harus mengganti olahraga berat dengan olahraga ringan seperti yoga, pilates, dan bergabung dengan bumil lainnya di klub senam khusus ibu hamil. Dengan begitu tubuh Anda tetap selalu terjaga seimbang.

5. Tetap waspada dengan gejala-gejala tertentu
Selanjutnya Anda juga harus tetap waspada dengan kemungkinan gejala-gejala ganjal yang mungkin datang seperti pendarahan berlebihan atau gatal-gatal yang dapat mengindikasikan adanya gangguan hati.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan saat memasuki usia kehamilan 4 bulan. Semoga bermanfaat.

BFI15040170

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY