Tips dan Cara Menyimpan ASI Perah

Tips dan Cara Menyimpan ASI Perah

218
0
SHARE
Tips dan Cara Menyimpan ASI Perah
Source: Healthland

KabarFemale – Jika Anda adalah ibu yang bekerja namun harus tetap memberikan ASI untuk bayi, mengetahui cara menyimpan ASI perah adalah keharusan. Anda harus tahu bahwa Anda tidak bisa dengan sembarangan menyimpan ASI yang akan diberikan untuk bayi. Nah, di artikel ini kami akan memberikan beberapa tips dan cara untuk menyimpan yang benar.

Cara Menyimpan ASI Perah

Cara menyimpan ASI perah sebenarnya tidak sulit, namun memang ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Berikut adalah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk menyimpan ASI, di antaranya :

  1. Pastikan kalau botol yang Anda gunakan adalah botol yang bersih, steril dan memiliki tutup yang rapat. Botol yang Anda gunakan juga harus tahan panas.
  2. Jika Anda ingin menyimpan ASI untuk kebutuhan esok hari, Anda bisa menyimpannya di lemari pendingin dengan suhu 4 derajat celcius. Namun ingat, jangan sampai ASI menjadi beku agar tidak hilang kandungan gizinya.
  3. Berbeda lagi jika Anda ingin menyimpan ASI yang mau digunakan untuk 1 minggu, Anda harus menyimpannya terlebih dahulu di lemari dengan suhu 4 derajat celcius selama setengah jam, lalu pindahkan ke pendingin dengan suhu -18 derajat celcius. ASI yang beku ini bisa bertahan hingga 6 bulan lho.
  4. Jangan menyimpan ASI di rak pintu atau yang menempel pada kulkas karena temperaturnya sering berubah dan bisa membuat ASI rusak serta tidak layak konsumsi.
  5. Jangan lupa untuk memberi label tanggal Anda memerah ASI agar tahu mana ASI yang bisa didahulukan dan tidak. Terlebih ini juga penting untuk mengetahui berapa umur ASI di dalam lemari pendingin atau freezer.
  6. Jangan memenuhi botol dengan ASI hingga batas leher botol. Beri ruang sekitar 4 cm untuk udara di dalam karena ASI biasanya akan mengembang.
  7. ASI yang sudah mengalami pembekuan dan dihangatkan sebaiknya tidak didinginkan lagi melainkan langsung habis diberikan pada saat yang sama. Ini mengurangi risiko kerusakan pada ASI.
  8. Perlu diingat, ASI yang dibekukan lebih dari 6 bulan bisa berbahaya untuk bayi. Ini karena adanya risiko kontaminasi dan berubahnya kandungan-kandungan penting di dalam ASI.
  9. Lebih baik jika Anda mengemas ASI dalam botol untuk sekali konsumsi, misal dalam botol 125ml untuk satu kali minum. Praktis dan juga sesuai dengan kebutuhan.

Nah, ternyata tidak sulit bukan menyimpan ASI perah yang benar? Semoga informasi yang kami berikan bisa membantu Anda ya, ladies?

 

BFI15040229

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY