Tips Bonding Dengan Si Calon Bayi (2)

Tips Bonding Dengan Si Calon Bayi (2)

186
0
SHARE
Tips Bonding Dengan Si Calon Bayi (2)
source : bayibubu.com

KabarFemale—Berikut ini lanjutan informasi tentang tips bonding dengan calon bayi Anda.

Foto kehamilan
Foto kehamilan tidak hanya menyimpan kenangan saat Anda berbadan dua, tapi juga membuat Anda fokus pada bayi yang sedang tumbuh selama hamil. Siapkan waktu tiap minggu untuk memfoto diri. Ketika membandingkan hasil foto setiap mingu, Anda bisa melihat perubahan pada bayi yang sedang tumbuh. Pengingat visual ini membuat kehamilan terlihat lebih nyata, dan memberi Anda waktu untuk merefleksikan perubahan yang terjadi. Menggunakan jasa fotografer profesional di akhir kehamilan juga bisa membuat Anda merasa spesial, Anda dapat mengalami momen menyenangkan yang ditangkap kamera profesional.

Lakukan perlahan
Memang banyak hal yang harus dilakukan sebelum bayi lahir, tapi Anda tidak perlu melakukannya sepanjang hari. Anda perlu lebih banyak istirahat selama hamil, jadi perlahan saja dan jangan terburu-buru. Luangkan waktu setiap hari untuk duduk dan fokus pada kehamilan Anda, bukan untuk menulis banyak hal yang harus dilakukan, tapi hanya waktu untuk duduk dan berpikir tentang bayi Anda yang sedang tumbuh. Anda bisa mengkombinasikan ini dengan berjalan kaki atau rileks di bak mandi. Delegasikan pekerjaan rumah kepada orang lain sebisa mungkin, dan jangan merasa bersalah mendapat bantuan dari orang lain. Orang tidak akan menawarkan bantuan bila mereka tidak mau membantu.

Menulis
Buatlah jurnal kehamilan untuk membantu Anda fokus pada kehamilan. Jangan terlalu memperhatikan tata cara penulisan, cukup bersikap jujur. Tulislah tentang apa yang Anda rasakan dan kecemasan yang selalu membayangi. Ini bisa mengidentifikasi penyebab kecemasan dan membantu Anda mengambil langkah untuk mengatasinya.

Fokus pada hal positif
Satu hal yang menyebabkan beberapa wanita hamil gagal bonding dengan si bayi adalah karena mereka terlalu cemas kalau mereka akan jadi ibu yang buruk. Beberapa wanita mengalami mimpi berisi kekhawatiran, atau cemas akan mengulangi kesalahan yang sama seperti apa yang dilakukan orangtua dulu. Berhentilah merasa cemas. Buang semua pikiran negatif, dan fokus pada hal yang akan membuat Anda jadi ibu yang hebat. Pikirkan tipe ibu macam apa yang Anda inginkan, dan bagaimana merealisasikannya. Meningkatkan pikiran postif bisa membantu Anda lebih baik saat menjadi ibu nantinya. Beberapa ibu merasa lebih percaya diri dengan membaca buku untuk membantu mendapat lebih banyak ilmu pengetahuan tentan menjadi orangtua.

Lepaskan rasa bersalah
Jika Anda belum bisa bonding dengan si calon bayi, jangan menyalahkan diri sendiri. Kehamilan bisa jdi hal yang sulit, Anda berurusan dengan perubahan tubuh, hormon yang irasional, kurang tidur, dan kecemasan tentang masa depan. Akan terasa sulit untuk bonding dengan orang yang belum pernah Anda temui, tapi ini tidak berarti Anda tidak akan merasakan hubungan batin yang kuat. Cobalah untuk tidak merasa bersalah, dan fokus pada proses bonding dengan bayi. Terima kenyataan kalau Anda mungkin satu dari sekian banyak ibu yang jatuh cinta pada si kecil setelah ia lahir, bukan sebelumnya.

 

AFI150401

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY