Tips Bepergian Bersama Anak

Tips Bepergian Bersama Anak

235
0
SHARE
source : indotopinfo.com

KabarFemale—Bila Anda memiliki anak kecil dan berencana untuk melakukan perjalanan, beberapa tips berikut bisa membantu Anda:

Waktu yang luang
Hal yang sangat perlu Anda pertimbangkan adalah waktu yang cukup. Batita senang bereksplorasi dan mereka tidak peduli dengan keterbatasan waktu dalam perjalanan, jadi Anda akan lebih bisa merasa tenang bila menyertakan kunjungan ke toilet atau tantrum dalam daftar aktifitas Anda selama perjalanan.

Bersiap untuk kondisi cuaca
Ini memang saran yang sederhana, tapi anak yang dipakaikan baju yang nyaman akan lebih gembira di lingkungan yang baru. Jangan sampai anak memakai baju yang terlalu kebesaran, melupakan topi, atau membiarkan anak tanpa alas kaki di pantai ketika cuaca terik.

Gunakan transportasi umum
Kebanyakan batita suka bepergian dengan kereta, bus atau kapal, jadi tak perlu menyewa mobil tapi gunakan transportasi umum ketika memungkinkan.

Jangan lupa membawa obat
Anak biasanya rentan sakit ketika liburan, bisa karena mereka keluar dari rutinitas, kelelahan, atau makan kurang sehat. Atasi masalah ini dengan menyertakan obat dalam barang bawaan Anda. Benda lain yang perlu ada di kotak obat Anda adalah tisu basah antiseptik, termometer dan perban.

Dari segi keamanan, yang perlu Anda perhatikan:
– Temui dokter untuk imunisasi sebelum bepergian jika diperlukan
– Bawa tabir matahari, topi, dan anti serangga
– Berhati-hati dengan bahaya potensial dari tempat yang belum dikenal seperti balkon tanpa pengaman
– Bawa alat sterilizer bila anak minum dari botol
– Hindari binatang seperti anjing, kucing dan monyet untuk mengurangi resiko digigit.

Anak yang mengalami diare dan melakukan perjalanan jauh lebih rentan mengalami dehidrasi. Untuk mengurangi resiko diare:
– Hindari makanan beresiko seperti makanan laut, daging yang tidak matang, sayur dan buah mentah, dan produk susu tanpa proses pasteurisasi.
– Bila tidak yakin dengan kualitas air minum, hanya minum air kemasan botol.
Gunakan air kemasan botol ketika menggosok gigi
– Sering cuci tangan anak Anda
– Hindari membeli makanan di pinggir jalan.

Batita dan anak kecil sering kali rewel saat makan. Bepergian ke tempat yang tidak mereka kenal dengan makanan baru dan waktu makan yang berbeda bisa mengganggu kebiasaan makan anak. Saran yang bisa Anda coba:
– Coba sedikit lakukan rutinitas waktu makan yang familiar bagi anak, misalnya sarapan seperti cara yang biasa.
– Jangan beranggapan Anda akan mendapat makanan yang akan anak suka dari menu restoran. Selalu bawa banyak cemilan dan minuman kesukaan anak ketika bepergian.
– Periksa lebih dulu apakah restoran tempat Anda akan makan memiliki menu untuk anak.

 

 

AFI150501

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY