Tips Aman Pilih Mainan Anak 1 Tahun

Tips Aman Pilih Mainan Anak 1 Tahun

183
0
SHARE
Source : cutebabyz.com

KabarFemale – Sedang bingung memilih mainan anak 1 tahun yang aman untuk anak? Mainan jaman sekarang ada kalanya tidak memperhatikan aspek keamanan. Asal bagus, asal laku. Ini memang memprihatinkan mengingat keamanan dalam bermain adalah aspek yang paling penting untuk anak. Jangan sampai tujuan bermain yang awalnya mencari hiburan malah jadi masalah. Nah, berikut tips aman memilih mainan untuk anak.

Pilih Mainan Anak 1 Tahun

Mainan anak 1 tahun sudah banyak dan mudah ditemukan di toko mainan. Untuk anak perempuan atau laki-laki pasti ada. Nah, jangan sekedar memilih mainan yang mahal atau bermerk, perhatikan juga beberapa hal berikut ini :

– Bentuk

Hindari mainan dengan bentuk yang berbahaya. Seperti apa bentuk yang berbahaya? Ujung yang tajam, sudut yang membahayakan, runcing atau berisi peluru (untuk mainan tembak-tembakan) tentu sebaiknya dihindari. Saat ini keamanan si kecil adalah yang utama.

– Label

Pastikan Anda sudah membaca label pada kardus mainan yang akan Anda beli. Di sana Anda akan mendapatkan beberapa petunjuk dan tentu label untuk usia berapa mainan tersebut dibuat. Selalu sesuaikan mainan dengan usia anak Anda.

– Bisa Dicuci

Pilih mainan yang mudah dicuci sehingga Anda bisa menjamin kebersihan mainan tersebut. Kapanpaun si kecil akan memainkan mainan tersebut, pastikan mainannya dalam keadaan bersih. Selalu sediakan tisu basah untuk pencucian yang praktis.

– Non Toxic

Pastikan juga ada label non tovic pada mainan yang akan Anda berikan. Jagan mengorbankan kesehatan dan keselamatan si kecil demi mainan yang hanya terlihat bagus atau mahal.

– Bertali atau Tidak

Memberikan mainan bertali boleh saja, asal tali tidak terlalu panjang sehingga bisa memiliki resiko bisa membahayakan si kecil. Tali panjang bisa menjerat kaki atau bahkan leher si kecil.

– Tembak

Pistol atau mainan tembak lainnya sebaiknya hindari. Walau mungkin sudah diklaim aman, lebih baik tidak memberikan sesuatu yang bisa membahayakan. Isi mainan tembak yang mungkin tidak keras masih bisa membahayakan mata atau malah tertelan.

– Ukuran

Penting juga memilih ukuran mainan yang akan Anda berikan. Jangan berikan yang terlalu kecil karena bisa berpeluang masuk ke dalam mulut anak. Bisa-bisa mainan tertelan dan membuat tersedak.

Memilih mainan untuk anak tidak boleh sembarang. Faktor yang paling penting adalah keamanan. Jangan membelikan mainan hanya karena sedang tren, mahal atau bermerk lalu mengesampingkan keselamatan anak. Pilih mainan dengan bijak ya.

BFI15040282

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY