Tata Cara Menyimpan ASI

Tata Cara Menyimpan ASI

146
0
SHARE
Tata Cara Menyimpan ASI
Source : alphamom.com

KabarFemale – Mengetahui cara menyimpan ASI merupakan keharusan untuk ibu menyusui yang juga bekerja atau ibu yang memiliki produksi ASI berlebih. Anda harus tahu bagaimana cara menyimpan ASI dengan benar, karena jika salah Anda bisa merusak kandungan dari ASI. Jika kandungan ASI rusak, tentu ASI tidak bisa diberikan kepada bayi karena bisa membahayakan bayi.

Tips dan Cara Menyimpan ASI

Anda tidak bisa menyimpan ASI dengan cara yang sama ketika menyimpan cairan dalam botol lainnya. ASI memiliki perlakuan khusus ketika harus disimpan. Dengan melakukan cara yang benar, Anda tidak perlu khawatir ketika memberikan ASI tersebut untuk si kecil. Nah dalam melakukan cara menyimpan ASI yang baik memiliki beberapa faktor, seperti :

Tempat Menyimpan

Wadah yang baik untuk menyimpan ASi adalah wadah dengan bahan beling atau plastik. Jangan lupa memilih tutup yang kedap udara sehingga susu akan tetap steril dan jauh dari kuman atau bakteri. Jika ingin menyimpa ASI di freezer, jangan gunakan kantong yang tidak khusus untuk ASI karena bisa pecah saat dibekukan.

Cara Membersihkan

Untuk membersihkan tempat penyimpanan ASI (botol), gunakan air hangat dan juga sabun yang aman untuk bayi. Di supermarket atau toko perlengkapan bayi biasanya sudah disediakan berbagai merk sabun yang aman untuk bayi. Selain itu, Anda juga bisa merebus botol agar kuman dan bakteri mati jadi botol menjadi steril. Namun, jika wadah ASI dari plastik, pastikan sudah memiliki label BPA-free.

Nah, untuk menyimpan ASI, Anda harus melakukan hal-hal ini :

1. ASI yang sudah dipompa harus segera didinginkan atau disimpan setidaknya kurang dari satu jam. Ini demi menghindari rusaknya ASI dan tercampur dengan hal-hal lain.

2. Beri label tanggal dan jamnya agar Anda tahu berapa lama ASI akan disimpan. Serta menggunakan ASI yang sudah lebih lama disimpan dibandingkan yang baru. Ini juga akan mempermudah Anda untuk menemtukan berapa lama penyimpanan berdasarkan di tempat mana Anda akan menyimpannya.

3. Jangan pernah menyampur ASI yang baru dipompa dengan ASI yang sudah pernah didinginkan.

4. Jangan mengisi botol dengan ASI hingga penuh, sisakan beberapa sentimeter ruang kosong karena ASI bisa mengembang saat disimpan.

Nah, itu dia hal-hal yang harus Anda perhatikan jika Anda menginginkan untuk menyimpan ASI. Semoga informasi di atas bisa membantu Anda ya, ladies!

BFI15040231

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY