Tanda-Tanda Bahaya Kehamilan: Waspada Hipertensi!

Tanda-Tanda Bahaya Kehamilan: Waspada Hipertensi!

225
0
SHARE
Tanda-Tanda Bahaya Kehamilan: Waspada Hipertensi!
Source : kidspot.com.au

KabarFemale—Kehamilan memang menjadi satu berita yang sangat menggembirakan. Untuk itulah ibu hamil harus senantiasa menjaga dan memantau perkembangan di tiap tahapan usia kehamilan agar janin tumbuh dengan optimal hingga pra persalinan. Namun terkadang Anda tidak pernah mengira jika ada tanda-tanda bahaya kehamilan yang terjadi. Meskipun Anda tidak menginginkannya, tapi yang terjadi tetaplah terjadi.

Tanda-tanda Bahaya Kehamilan : Hipertensi

Salah satu tanda-tanda bahaya kehamilan adalah gejala hipertensi. Tentunya Anda sudah tidak asing bukan dengan penyakit yang satu ini. Hipertensi atau tekanan diri bisa terjadi kapan saja tanpa pernah diduga sebelumnya. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Tekanan darah tinggi terjadi akibat dari adanya tekanan kuat oleh darah ke dinding-dinding arteri. Tekanan darah diri yang terjadi pada masa sesudah minggu ke 20 dapat menjadi hal yang fatal. Hal ini disebut juga dengan preeclamsia.

Bila Anda mengalami tekanan darah tinggi pada masa hamil, usahakan untuk rutin memeriksakan diri ke dokter dengan lebih serius dibanding ibu-ibu hamil pada umumnya. Karena hanya dengan melakukan check up rutin Anda akan benar-benar tahu apakah Anda mengalami preeclamsia atau tidak.

Menurut laman webmd.com menerangkan bahwa preeclamsia adalah salah satu penyakit yang hanya bisa terjadi pada ibu hamil Tanda-tandanya adalah terjadinya tekanan darah tinggi selama masa kehamilan dan diikuti juga dengan tanda-tanda lainnya seperti adanya protein dalam urin. Sebenarnya preeclamsia ini akan berakhir dengan sendirinya ketika Anda sudah melahirkan. Namun pada beberapa kasus preeclamsia ini juga tetap bertahan hingga 1-6 minggu sesudah Anda melahirkan.

Jika tidak mendapatkan penanganan serius, Preeclamsia ini juga memiliki resiko tinggi terhadap kematian ibu dan bayi. Hal ini dikarenakan bayi tidak menerima oksigen dan jumlah darah yang cukup. Jika sudah seperti ini maka akan diambil tindakan dini seperti kelahiran prematur atau proses kelahiran sebelum waktunya tiba. Lalu bagaimana caranya kelahiran bisa dipaksakan?
Untuk menghadapi kelahiran prematur biasanya dokter akan memberikan obat-obatan yang mempu merangsang pertumbuhan paru-paru bayi menjadi lebih cepat sehingga siap untuk dilahirkan, selain itu ada pula obat-obatan untuk merangsang kontraksi pada ibu yang juga selanjutnya menjadi siap untuk melahirkan.

Namun tentunya Anda tidak menginginkan hal seperti itu terjadi bukan?` untuk itu mulai sekarang selalu waspada ya bunda dengan tanda-tanda bahaya pada kehamilan Anda yang mungkin terjadi. Semoga bermanfaat.
BFI15030122

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY