Tanda Awal Kehamilan yang Harus Anda Tahu

Tanda Awal Kehamilan yang Harus Anda Tahu

211
0
SHARE
© benhviemgan

KabarFemale—Bagi Anda yang baru saja menikah dan mendambakan seorang buah hati. Tanda-tanda kehamilan adalah satu hal yang pasti sudah sangat Anda nantikan. Memang itu hal wajar, karena setiap pasangan pasti menginginkan untuk segera memiliki buah hati. Apalagi jika Anda termasuk pasangan muda. Untuk itu Anda harus tahu tanda-tanda awal dari kehamilan. Berikut adalah Tanda Awal Kehamilan yang harus Anda tahu:

1. Flek atau bercak darah dan kram perut

Tanda awal kehamilan yang pertama adalah adanya flek atau bercak darah yang disertai dengan nyeri kram perut. Flek atau bercak darah terjadi akibat dari proses implantasi (Implantation Bleeding) atau adanya embrio yang menempel di dinding Rahim Anda.

Hal ini sering diklaim sebagai menstruasi, tetapi flek atau bercak darah ini datang sebelum menstruasi Anda yang akan datang antara 8 hingga 10 hari setelah proses ovulasi atau pembuahan. Dan biasanya diserti dengan kram perut yang terasa seperti PMS.

2. Gejala mual-mual dan muntah (Morning Sickness)

Menurut hasil riset sekitar 50% wanita hamil mengalami gejala mual-mual dan mudah di pagi hari atau morning sickness. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan hormon pada aliran dara secara tiba-tiba.

Hormon itu disebut dengan HCG (Human Chorionic Gonadotrophin). Selain berada dalam akiran darah, hormone ini juga mengalir pada air seni. Maka dari itu mengapa tes kehamilan dengan test pack menggunakan media air seni.

3. Sering buang air kecil (Frequent Urination)

Bagi Anda yang mengalami kehamilan, setelah terlambatnya datang bulan sekitar 1-2 minggu, maka frekuensi Anda untuk buang air kecil atau kencing semakin kencing. Hal ini dikarenakan pertumbuhan janin yang berada dirahim ikut menekan kandung kemih yang tepat berada dibawahnya.

Meskipun Anda menjadi sering buang air kecil, jangan pernah sesekali menahannya dan mengurangi konsumsi air putih, justru ketika Anda sedang hamil Anda sangat memerlukan cairan untuk menjaga kondisi Anda tetap fit.

4. Sering merasa lelah dan mengantuk

Seringnya merasa lelah dan mengantuk selain karena adanya peningkatan hormon, kinerja organ vital lainnya seperti jantung, paru-paru, dan ginjal pada orang hamil juga semakin ekstra. Adanya makhluk baru dalam tubuh Anda juga menyebabkan berat berlebih yang memudahkan Anda menjadi cepat lelah.

5. Gejala Sembelit

Gejala sembeit terjadi dikarenakan meningkatnaya hormone progesterone dalam tubuh Anda. Kerja hormone ini selain mengendorkan otot-otot Rahim juga akan mengendorkan otot dinding sehingga menyebabkan Anda mengalami sembelit. Dengan mengetahui tanda awal dari kehamilan, hal ini akan mempermudah Anda dalam menjaga keseimbangan tubuh Anda di saat hamil dengan lebih baik. Semoga bermanfaat.

 

BFI1502013

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY