Tanda Anak Anda Memiliki Prestasi Akademis

Tanda Anak Anda Memiliki Prestasi Akademis

254
0
SHARE
source : ibudanmama.com

KabarFemale—Ketika si kecil mulai tumbuh dan berkembang, tak jadi masalah seberapa pintar atau berbakat dia nantinya, karena ia sudah sempurna bagi Anda. Tapi berikut ini tanda kalau anak Anda berprestasi:

Bisa menulis dan membaca di usia dini
Kebanyakan anak mencoba membaca dan menulis sebelum masuk sekolah. Semakin orangtua mengusahakannya, semakin baik kemungkinan anak bisa menulis dan membaca di usia dini. Tapi beberapa anak terlihat langsung bisa, mereka mengingat huruf dan pola kata, mulai menulis huruf ketimbang sekedar coretan, dan mereka menunjukkan tanda kemampuan membaca seperti memegang buku dengan benar, membaca dari kiri ke kanan, dan menggunakan gambar untuk membantu memahami cerita. Anak seperti ini menunjukkan tanda intelegensi yang tinggi dan perlu dimotivasi untuk sering menulis dan membaca.

Memiliki memori yang baik
Anak yang berbakat bisa menyerap dan memperoleh informasi yang tidak bisa didapat orang lain. Tidak biasa bagi seorang anak yang mengunjungi museum lalu pulang ke rumah dan menggambar lengkap apa yang ia lihat di sana. Juga tidak biasa bagi seorang anak untuk berprestasi di sekolah sejak usia dini karena ia mampu mengingat konsep dengan sangat mudah dan tidak perlu kesulitan dalam mengeja atau matematika.

Sangat berbakat dalam musik atau artistik
Anak yang menunjukkan minat pada musik atau seni biasanya sangat cerdas. Anda bisa melihatnya pada anak Anda yang bisa memainkan musik dari memorinya atau bisa menggambar atau melukis jauh lebih baik dari anak lain yang seusianya. Anak berbakat biasanya menujukkan minat di seni atau musik yang tidak dimiliki anak lain, seperti mendengarkan musik klasik.

Gemar pada hal yang rinci
Anak berbakat memperhatikan halhal yang kecil. Mereka melihat hal yang anak lain seusianya abaikan. Misalnya, ia banyak bertanya setelah melihat pertunjukkan sulap, ingin tahu dengan pasti bagaimana sesuatu bisa terjadi. Umumnya ia sudah tahu semua jawabannya, tapi ia sangat penasaran dan ingin mendiskusikan hal baru. Ia mengingat hal rinci tentang dimana letak suatu benda, bagaimana cara sampai ke suatu tempat, atau langkah untuk menyelesaikan tugas yang sulit dengan mudah. Kebanyakan anak akan lupa satu hal dan langsung berpindah pada hal yang lain, anak yang berbakat akan terus berbicara tentang hal yang menarik perhatiannya.

Memahami konsep dengan mudah
Anak yang berbakat memiliki kemampuan untuk memahami konsep rumit di usia dini. Mereka bisa berpikir tentang masalah secara mendalam dan mencari solusinya. Mereka bisa menghubungkan antara literatur dan kehidupan nyata di usia dini, dan mereka cenderung menggunakan akal lebih banyak dibanding rata-rata anak lain.

AFI150401

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.