Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil, Amankah?

Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil, Amankah?

211
0
SHARE

KabarFemale—Ketika memilih susu untuk perkembangan janin, Anda akan dihadapkan pada banyak pilihan. Salah-satunya adalah susu kedelai untuk ibu hamil. Tapi apakah susu kedelai aman dikonsumsi selama hamil? Produk kedelai mengandung protein yang tinggi dan memiliki kandungan sembilan asam amino. Tapi ada juga efek negatif mengkonsumsinya pada periode kehamilan dan laktasi.

Manfaat kesehatan susu kedelai untuk ibu hamil

Meski ada beberapa pro dan kontra tentang konsumsi susu kedelai untuk ibu hamil, berikut ini beberapa keuntungannya yang tidak boleh diabaikan:
– Susu kedelai kaya asam folat yang memberi nutrisi yang dibutuhkan selama hamil. Asupan asam folat yang teratur meningkatkan pertumbuhan sel saraf dan mengoptimalkan perkembangan janin.
– Vitamin B1, A, dan E merupakan beberapa vitamin yang paling dibutuhkan. Vitamin E memberi energi yang cukup yang membantu Anda tetap sehat. Susu kedelai, yang kaya vitamin, membantu melengkapi kebutuhan vitamin ini.
– Susu kedelai yang kaya protein memastikan organ bayi yang belum lahir berkembang dengan baik. Beberapa protein yang bisa Anda temukan di susu kedelai adalah threonine, arginine, isoleucine, glycine, dan lysin.
– Susu kedelai mengandung karbohidrat yang dapat meningkatkan energi selama hamil.

Efek samping susu kedelai untuk ibu hamil

Efek samping yang ada pada konsumsi susu kedelai antara lain:
– Susu kedelai mengandung isoflavon yang mirip estrogen. Isoflavon yang terkandung pada kacang kedelai dianggap sebagai pemciu sakit kepala migraine.
– Penelitian yang dilakukan pada binatang yang mengkonsumsi susu kedelai dosis tinggi menemukan perkembangan tumor atau kelainan pada janin yang belum lahir.
– Beberapa wanita hamil mengalami gejala alergi seperit ruam, bengkak, kesulitan bernafas, mual, dan muntah karena konsumsi susu kedelai yang teratur.
– Konsumsi susu kedelai pada kasus yang jarang terjadi bisa mengakibatkan anaphylaxis.

Meski tidak ada penelitian yang menjelaskan tentang dampak negatif pada konsumsi susu kedelai selama hamil, akan lebih baik jika Anda tidak mengkonsumsi susu kedelai yang berlebihan untuk menghindari cacat lahir pada bayi.

Takaran susu kedelai untuk ibu hamil yang dianjurkan

Karena susu kedelai juga mengandung nutrisi penting yang Anda butuhkan selama hamil, ketika dikonsumsi dalam takaran yang wajar, tidak akan menyebabkan bahaya pada janin yang sedang berkembang. Anda bisa mengkonsumi satu gelas susu kedelai per hari.

BFI15030358

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY