Resep Makanan untuk Bayi 6 Bulan

Resep Makanan untuk Bayi 6 Bulan

284
0
SHARE
Resep Makanan untuk Bayi 6 Bulan
Source : shutterstock.com

KabarFemale—Tak terasa bun sekarang bayi Anda sudah memasuki usia setengah tahun atau 6 bulan. Tentunya Anda sangat senang bukan melihat perkembangan bayi Anda yang kian hari semakin besar dan lincah. Tapi untuk mendukung pertumbuhan yang optimal tentu juga harus dibarengi dengan pemenuhan nutrisi seimbang ya bun, karena setiap bulan perkembangan bayi membutuhkan nutrisi yang berbeda. Dan memasuki usia 6 bulan ini adalah saat yang tepat untuk memberikan bayi makanan pendamping ASI (MPASi). Penasaran dengan makanan untuk bayi 6 bulan?

Nutrisi makanan untuk bayi 6 bulan:

1. Karbohidrat

Kebutuhan nutrisi makanan untuk bayi 6 bulan yang pertama adalah karbohidrat. Kebutuhan karbohidrat ini berfungsi untuk memberikan energi pada bayi yang kini semakin lincah bergerak. Pada usia bayi 6 bulan karbohidrat yang dibutuhkan sekitar kurang lebih 89,39 gr per harinya. Bunda dapat memberikan karbohidrat dari beras merah ataupun kentang sebagai sumber karbohidrat terbaik.

2. Mineral dan Vitamin

Nutrisi yang kedua adalah kebutuhan vitamin dan mineral. Pada usia 6 bulan sangat diperlukan berbagai macm vitamin diantaranya vitamin A, D, E, K, dan C. Sumber vitamin dan mineral terbaik selalu terdapat pada jenis buah-buahan. Pada usia 6 bulan bayi bisa memakan berbagai macam buah seperti pisang, mangga, alpukat, pir dan sebagainya.

3. Protein

Kebutuhan nutrisi penting selanjutnya adalah komponen protein. Kebutuhan protein ini berfungsi untuk membantu kerja enzim dalam mengoptimalkan jaringan dalam tubuh bayi. Sumber protein terbik terdapat pada ikan dan kacang-kacangan. Bunda bisa menambahkannya dalam makanan bayi Anda.

4. Lemak

Selanjutnya adalah yang tidak kalah penting adalah kebutuhan lemak yang seimbang. Kebutuhan lemak ini berfungsi untuk membantu kerja karbohidrat dalam menyediakan energi bagi si kecil. Anda bisa mendapatan sumber lemak nabati sehat dari alpukat. Jangan khawatir, karena lemak pada alpukat tidak mengakibatkan bayi Anda megalami kegemukan.

Selanjutnya adalah resep makanan untuk bayi 6 bulan yang dapat Anda coba:

1. Bubur Sarden

Resep makanan untuk bayi 6 bulan yang dapat Anda coba adalah bubur sarden. Bagaimana cara membuatnya?

Bahan-bahan yang diperlukan:
Beras merah : 25 gr
Jus tomat segar : 500 ml
Sarden (cincang) : 40 gr
Tahu (haluskan) : 20 gr
Kacang merah rebus (haluskan) : 25 gr

Cara membuatnya:
1. Cuci beras merah terlebih dulu, lalu masak sampai sedikit kental dan empuk dengan menggunakan air dari jus tomat segar (±20 menit)
2. Jika sudah 20 menit, tambahkan sarden cincang, tahu halus, dan kacang merah, lalu aduk semua bahan sampai semua tercampur rata. Bubur sarden super lezat dan sehat siap disajikan.

Selamat mencoba!

BFI150301109

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY