Rahasia Masakan Jadi Lebih Sehat

Rahasia Masakan Jadi Lebih Sehat

204
0
SHARE
Rahasia Masakan Jadi Lebih Sehat
Source : aladyy.com

Rahasia masakan sehat yang paling sederhana adalah dengan memasak lebih banyak sayur, buah, serta biji-bijian dibanding bahan yang lain. Berikut ini beberapa cara mudah untuk membuat masakan keseharian Anda menjadi lebih sehat dan lebih bercita rasa.

Menggunakan lemak yang baik
Tidak semua lemak bersifat jahat. Pilih lemak tak jenuh (seperti minyak zaitun) dibanding lemak jenuh, misalnya mentega. Tapi tetap gunakan seperlunya karena semua jenis lemak berisi kalori. Satu penelitian yang mempelajari konsumsi lemak jenuh terhadap masalah fungsi insulin menyebutkan bahwa terlalu banyak lemak jenuh bisa mengurangi sekresi pankreas terhadap insulin. Kondisi ini dapat mengarah pada diabetes.

Makan lebih banyak buah dan sayur
Kebanyakan orang tidak mendapatkan jumlah sayur dan buah yang cukup. Pilih jenis buah dan sayur dengan variasi warna untuk mendapat berbagai antioksidan dan vitamin. Penyajiannya bisa ½ hingga 1 gelas tergantung buah dan sayur yang Anda pilih.

Tidak harus daging
Daging memang menjadi sumber protein yang baik tapi juga menjadi sumber lemak jenuh. Jadi makanlah daging, ikan, dan unggas dalam jumlah sedikit saja. Sisakan porsi lainnya untuk sayur dan biji-bijian yang lebih sehat.

Pilih produk susu rendah lemak
Produk seperti susu, krim, dan yoghurt merupakan sumber kalsium yang baik. Mengganti produk susu dengan produk rendah lemak atau non lemak menjadi cara mudah untuk mengurangi lemak jenuh di makanan Anda.

Porsi secukupnya
Meski Anda ingin makan dalam jumlah banyak, tetap waspadai asupan kalori. Cara mudahnya adalah dengan mengatur asupan kalori dengan makan dalam porsi yang sehat.

Mempertajam rasa
Tingkatkan kualitas masakan dengan memunculkan rasa dari bahan-bahan yang sehat seperti rempah-rempah serta bumbu. Ketika masakan Anda memiliki cita rasa yang baik, ada kepuasan tersendiri saat menyantapnya.

Gunakan pemanis dengan bijaksana
Semua jenis gula, baik sirup jagung, gula putih, gula merah, atau madu, menambah jumlah kalori yang signifikan tanpa ada nilai nutrisinya.

Waspadai sodium
Meski Anda tidak mengalami tekanan darah tinggi, ada baiknya untuk berhati-hati dengan asupan sodium. Takaran yang direkomendasikan adalah kurang dari 2,3 mg (sekitar satu sendok teh) per hari.

Nikmati apa yang Anda masak
Buat keputusan yang Anda sadari tentang apa yang Anda masak bukan sekedar mengambil sembarang bahan makanan untuk diolah menjadi hidangan. Pastikan yang Anda masak adalah sesuatu yang enak dan nikmatilah. Ketika Anda menikmati apa yang Anda makan, Anda akan merasa puas.

AFI150101

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY