Proses Pertumbuhan Janin Trimester kedua, Minggu ke 13

Proses Pertumbuhan Janin Trimester kedua, Minggu ke 13

471
0
SHARE
Proses Pertumbuhan Janin Trimester kedua, Minggu ke 13
Source : mirror.co.uk

KabarFemale—Apa kabar bunda, sebelumnya selamat ya bunda sudah melewati masa trimester pertama, itu berarti tinggal dua trimester lagi untuk si kecil bertumbuh sempurna dan keluar untuk menyapa dunia. Memasuki trimester kedua tentunya bunda penasaran kan bagaimana proses pertumbuhan janin di minggu ke 13 ini? Langsung saja simak uraian di bawah ini ya bun.

Berikut adalah proses pertumbuhan janin trimester kedua minggu ke 13 menurut baby2see.com:

1. Panjang dan berat bertambah

Proses pertumbuhan janin trimester kedua yang pertama adalah panjang dan berat janin mulai bertamnah. Diperkirakan memasuki minggu ke 13 ini panjang janin sekitar 8 cm dengan berat sekitar 25 gram. Pada masa ini terjadi proses pergantian tulang dimana tulang rawan berganti menjadi tulang keras. Pada masa ini tulang rusuk juga mulai berproses untuk tumbuh.

2. Bentuk wajah semakin sempurna

Jika pada trimester pertama akhir kontur wajah janin sudah mulai terbntuk, maka pada minggu ke 13 ini atau memasuki awal trimester kedua maka bentuk wajah bayi mulai semakin sempurna. Sudah mulai terlihat jarak antara hidung dan dagu yang kian proporsional bentuknya pun juga semakin nampak tegas.

3. Mulai terlihat pergerakan mulut

Pada minggu ke 13 ini mulut bayi juga mulai terlihat sempurna. Jika bunda melakukan USG coba perhatikan mulutnya. Pada masa ini janin sudah mulai bisa menggerakkan mulutnya meski hanya sebatas terbuka atupun tetutup. Hal ini dikarenakan janin mulai beradaptasi untuk memfungsikan organ-organ yang mulai terbentuk sempurna.

4. Pertumbuhan alat kelamin

Pada trimester kedua awal ini atau di minggu ke 13 ini bunda sudah dapat memperkirakan jenis kelamin dari janin apakah laki-laki atau perempuan. Karena pada masa ini, alat kelamin sudah mulai berproses untuk tumbuh. Sehingga perbedaan jenis kelamin sudah dapat diprediksikan.

Bagaimana bunda sudah tahu kan apa saja proses pertumbuhan janin di trimester kedua atau di minggu ke 13 ini. Pastinya bunda juga selalu rutin berkunjung ke dokter kandungan ataupun bidan kepercayaan bunda untuk selalu memantau perkembangan dan pertumbuhan dari janin setiap bulannya. Sehingga bunda akan selalu tahu apakah kondisi janin dalam keadaan baik atau ditemui tanda-tanda keganjalan yang harus segera diatasi. Jangan lupa juga untuk selalu memenuhi nutrisi ya bun. Semoga bermanfaat.

BFI15030131

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY