Pertumbuhan Janin Trimester 1 Minggu ke 12

Pertumbuhan Janin Trimester 1 Minggu ke 12

588
0
SHARE
Pertumbuhan Janin Trimester 1 Minggu ke 12
Source :americanpregnancy.org

KabarFemale—Hai bunda, bagaimana nih dengan perkembangan janin yang sudah memasuki trimester 1 akhir atau pada minggu ke 12. Perlu diketahui ya bunda bahwa kandungan Anda juga sudah bisa dibilang janin sejak memasuki 10 minggu, penyebutan embrio hanya berlaku saat usia kehamilan Anda memasuki masa 4 bulan, dan Zygote atau calon janin pada usia kehamilan dibawah 4 bulan. Sekarang sudah tahu perbedaannya kan bunda? Lalu bagaimana dengan pertumbuhan janin saat memasuki trimester pertama akhir ya bunda? Penasaran? Yuk simak yang berikut ini ya bun.

Pertumbuhan janin trimester 1 Minggu ke 12 menjadi sangatlah pesat, karena janin sudah mulai berkembang dengan hasil serapan nutrisi dari makanan yang dimakan ibu, selain itu janin juga menjadi lebih kuat namun juga rentan pada ibu.

Berikut adalah pertumbuhan janin trimester 1 minggu ke 12:

1. Bertambahnya berat dan panjang si kecil
Pertumbuhan janin trimester 1 minggu ke 12 yang pertama menurut kutipan baby2see.com adalah berat dan panjang bayi menjadi satu hal paling utama. Dimana pada sekitar usia kehamilan 10 bulan bayi hanya memiliki panjang 3 cm dengan bobot kira-kira 4 gram saja. Sedangkan hanya dengan dua minggu kemudian panjang si kecil menjadi 6 cm dengan berat 20 gram.

2. Perkembangan tulang dan otot
Bertambahnya panjang dan berat adalah salah satu baiknya perkembangan tulang dan otot dari bayi yang Anda kandung. Dari perkembangan tulang dan otot yang semakin baik. Maka bentuk tubuh bayi dan kontur wajah juga semakin baik, karena jaringan-jaringan otot dan tulang mulai terbentuk.

3. Pertumbuhan kuku jari tangan dan jari kaki semakin baik
Pada masa ini asupan nutrisi seperti kalsium sangat dibutuhkan. Karena dari penyerapan kalsium itulah pertumbuhan kuku-kuku jari tangan dan jari kaki bayi juga akan semakin baik.

4. Pankreas mulai berfungsi
Pertumbuhan janin trimester 1 akhir ini juga mulai mengaktifkan fungsi organ-organ dalam tubuh bayi, seperti pancreas yang mulai menjalankan fungsinya, selain itu hormone insulin juga mulai bekerja dan disekresikan pada usia kehamilan 12 bulan.

5. Kelopak mata terbentuk sempurna
Nah satu hal yang menakjubkan adalah pada usia kehamilan 12 minggu kelopan mata bayi juga mulai terbentuk dengan sempurna. Tapi belum dapat membuka hingga memasuki usia kehamilan 7 bulan karena hal ini bertujuan untuk melindungi syaraf optic dari bayi.

Bagaimana bunda, luar biasa bukan pertumbuhan janin di usia 12 minggu? Untuk itu pantau terus ya bunda perkembangan bayi Anda, dan temukan hal menakjubkan dari kehamilan Anda. Semoga bermanfaat.

BFI1503011

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY