Perkembangan Janin di Usia Kehamilan 4 Bulan

Perkembangan Janin di Usia Kehamilan 4 Bulan

474
0
SHARE
Perkembangan Janin di Usia Kehamilan 4 Bulan
Source : peainthepodcast.com

KabarFemale—Apa kabar bunda? Semoga tetap selalu baik ya. Bagaimana sekarang perasaan bunda yang sudah mulai memasuki usia kehamilan 4 bulan atau mulai berjalan ke minggu 13 dan trimester pertama. Pernahkah bunda membayangkan begitu menakjubkannya anugrah Tuhan yang telah memberikan kehamilan pada Anda. Apalagi jika tahu apa saja dan bagaimana perkembangan janin dalam perut bunda. Pastinya bunda selalu penasaran bukan dengan pertumbuhan dan perkembangan si kecil?

Berikut adalah perkembangan janin di usia Kehamilan 4 Bulan:

1. Perkembangan janin pada minggu ke 13

Perkembangan janin di usia kehamilan 4 bulan yang pertama adalah usia kehamilan Anda telah memasuki minggu ke 13 atau awal trimester kedua. Pada masa ini organ mata seperti kornea, iris, selaput mata, serta lensa mata sudah mulai berfungsi dengan baik dan dapat menerima rangsangan cahaya. Selain itu jaringan kulit dan otot juga mulai terbentuk sesuai pada posisinya. Bukan hanya itu saja, organ dalam seperti paru-paru, trakhea, hati, pankreas, dan usus juga mulai terbentuk pada fungsi terakhir. Pada masa ini bentuk dari jari tangan dan kaki juga mulai terlihat dengan baik.

2. Perkembangan janin pada minggu ke 14

Memasuki minggu ke 14 bentuk dari telinga juga mulai berada pada posisi normal yaitu di kiri dan kanan kepala. Bukan hanya itu saja perkembangan leher juga semakin memanjang dan dagu juga sudah tidak lagi menyatu dengan dengan dada. Pada masa ini organ kelamin bayi juga sudah mulai terlihat sehingga dapat diketahui jenis kelaminnya laki-laki atau perempuan. Pada minggu ini denyut nadi jantung bayi juga sudah mulai berdetak dengan kuat dan bahkan detak jantungnya 2 kali lebih cepat dari detak jantung Anda. Dan Anda juga mampu mendengarnya saat melakukan pemeriksaan ke dokter.

3. Perkembangan janin pada minggu ke 15

Pada minggu ke 15 organ dari bayi sudah mulai berfungsi lebih baik. Bayi akan mampu mendengarkan suara Anda, mendengarkan denyut jantung, dan suara perut. Rambut dan bulu mata juga alis juga sudah mulai terlihat tumbuh. Pada masa ini dapat diperkirakan berat dari bayi bertambah menjadi 114 gram dengan panjang sekitar 15 cm. Kehamilan secara fisik pada bunda juga semakin terlihat membesar sehingga dianjurkan untuk mulai mengenakan baju khusus ibu hamil.

4. Perkembangan Janin Pada minggu ke 16

Memasuki minggu ke 16 perkembangan janin menjadi semakin pesat. Pertambahan berat dan panjang juga semakin cepat. Otot-oto yang mulai berfungsi mengakibatkan bayi menajdi lebih aktif. Anda akan dapat merasakan gerakannya saat menyentuh perut Anda. Pada masa ini bayi juga sudah mulai menghisap ibu jari, dan jika Anda mengarahkan sinar ke perut Anda tangan bayi akan bergerak untuk menutupi matanya. Selain itu janin juga akan menelan air ketuban sekitar 400-500 ml dalam 24 jam. Dan hati mulai berfungsi untuk melakukan proses metabolisme dengan mengubah hemoglobin dan bilirubin menjadi biliverdin yang kemudian disalurkan ke usus untuk sisa metabolisme.

BFI1503012

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY