Perhatikan Aspek-Aspek ini Ketika Memilih Mainan Bayi

Perhatikan Aspek-Aspek ini Ketika Memilih Mainan Bayi

135
0
SHARE
Source : idiva.com

KabarFemale – Apa sih yang paling jadi pertimbangan Anda ketika memilih mainan bayi? Apakah merk saja yang jadi pertimbangan Anda? Memilih mainan untuk anak memang sebenarnya tidak boleh sembarangan. Ada banyak aspek yang harus Anda ketahui dan jadikan pertimbangan. Beberapa di antaranya akan kami jelaskan di bawah ini.

Mainan bayi tidak hanya tentang merk, tapi juga guna

Betul sekali, mainan bayi tidak melulu tentang merk tapi juga guna mainan tersebut untuk si kecil. Apalagi saat bayi adalah saat penting di mana si kecil tumbuh dan berkembang secara optimal. Nah, ketika memilih mainan untuk bayi, pertimbangkan hal-hal berikut ini :

– Mainan harus bisa dicuci. Pilih mainan yang mudah dicuci misalnya boneka. Dengan begitu Anda tidak akan khawatir dengan kebersihan dari mainan karena Anda bisa mencucinya sebelum dan sesudah dimainkan oleh si kecil.

– Mainan harus bebas racun. Informasi ini bisa Anda dapatkan di label pada kemasan atau mainan itu sendiri. Dengan mendapati label bebas racun atau toxic free Anda pasti juga akan merasa lebih nyaman ketika si kecil memainkannya.

– Mainan harus sesuai umur. Memilih mainan yang tepat artinya harus mempertimbangkan umur si kecil. Misalnya si kecil berusia 7 bulan, maka mainan untuk umur 2 tahun tidaklah cocok karena tidak sesuai dengan kebutuhan perkembangannya.

– Hindari mainan yang ukurannya kecil ketika usia masih kecil. Permainan seperti bola kecil kelereng atau koin sebaiknya tidak diberikan pada anak-anak yang belum bisa dan mengerti permainan. Ini disebabkan si kecil bisa tersedak karena tidak sengaja menelan mainan kecil tersebut.

– Jika mainan menggunakan baterai, selalu pasang tutup baterai dengan rapat. Kalau ada sekrup, pasang juga sekrup agar si kecil tidak usil membukanya. Menghindari cedera kecil juga harus jadi pertimbangan orang tua dalam memilihkan mainan untuk anak.

– Perhatikan bentuknya juga. Yang jadi fokus utama adalah apakah ada sudut atau ujung yang tajam dan bisa melukai si kecil. Ditakutkan ini akan menimbulkan cedera untuk si kecil. Dan jangan pilih mainan dengan benang atau tali yang terlalu panjang. Jika si kecil sedang belajar merangkak atau berjalan, resiko terikat atau terlilit tali lebih besar.

– Jika mainan beroda, pastikan Anda memberikannya ketika anak sedang belajar berdiri, berjalan atau merangkak. Periksa juga apakah roda tersebut mudah dibongkar pasang atau bisa menimbulkan bahaya atau tidak.

BFI15050214

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY