Pentingnya Makanan Sehat Ibu Hamil

Pentingnya Makanan Sehat Ibu Hamil

199
0
SHARE
© vkool

KabarFemale—Kehamilan menjadi waktu yang tepat untuk mengubah kebiasaan makan Anda. Makanan sehat untuk wanita hamil pasti menjadi makanan yang baik juga bagi semua orang. Tapi ada beberapa jenis makanan yang khususnya menyediakan nutrisi yang Anda butuhkan agar bayi semakin sehat.

Saat hamil, menjadi semakin penting untuk makan dengan benar. Jadi apa saja daftar makanan sehat ibu hamil? Teruslah membaca untuk mencari tahu apa yang harus Anda makan di saat hamil. Berikut ini apa dan berapa banyak yang harus Anda makan.

Daftar makanan sehat ibu hamil

  • Protein. Protein menjadi dasar untuk makanan sehat ibu hamil. Makanan yang kaya protein memberi banyak manfaat, antara lain menjaga gula darah tetap stabil dan menghilangkan rasa lapar sehingga Anda terhindar dari cemilan tak bergizi. Beberapa sumber protein yang baik untuk wanita hamil adalah telur, daging, ikan, produk susu rendah lemak, serta kacang.
  • Produk susu rendah lemak. Bayi membutuhkan kalsium untuk pertumbuhan tulang dan Anda membutuhkannya untuk terus kuat. Mineral ini juga membantu fungsi otot dan saraf. Bukan hanya pada susu, kalsium juga ada pada yoghurt, keju, atau bayam yang dikukus. Untuk mendapat lebih banyak kalsium, sertakan makanan yang mengandung vitamin D untuk meningkatkan penyerapan.
  • Sayuran dan buah aneka warna. Sediakan sayur dan buah mulai dari warna hijau, kuning, jingga, atau merah. Semua ini kaya beta karoten yang dikonversi tubuh menjadi vitamin A, yang penting untuk perkembangan mata, kulit, tulang, dan organ tubuh bayi.

    Tapi waspadai asupan vitamin A yang ditemukan di beberapa suplemen, makanan fortifikasi, obat, dan produk perawatan kulit. Tidak seperti beta karoten yang aman selama hamil, kelebihan vitamin A dapat meningkatkan resiko cacat lahir.

  • Air. Sekarang adalah waktu yang tepat untuk selalu menyediakan botol minum. Selalu siapkan air minum dan bawa kemanapun Anda pergi. Delapan gelas air setiap hari akan membantu Anda dan bayi membangun sel baru, menghilangkan racun, dan masih banyak lagi manfaatnya.
  • Air juga membuat perut terasa kenyang, jadi Anda tidak terlalu ingin ngemil. Waspadai bahaya dehidrasi yang bisa terjadi di awal persalinan. Anda bisa minuma cairan dalam aneka bentuk seperti jus, susu, sup, atau the, jadi jangan stres jika Anda hanya minum beberapa teguk air putih. Fokuslah pada total asupan cairannya.

 

BFI150203

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY