Pentingnya Kualitas Sel Telur dan Sperma untuk Proses Terjadinya Kehamilan

Pentingnya Kualitas Sel Telur dan Sperma untuk Proses Terjadinya Kehamilan

340
0
SHARE
Pentingnya Kualitas Sel Telur dan Sperma untuk Proses Terjadinya Kehamilan
Source : datingloveandsextips.com

KabarFemale—Komponen yang sangat penting dalam keberhasilan proses terjadinya kehamilan adalah kualitas sel telur dan sperma yang baik. Kesehatan dari sel telur dan sperma juga sangat menentukan tingkat kesuburan pasangan. Untuk itulah penting untuk mengetahui kualitas dari sel telur dan sperma dari masing-masing pasangan. Karena jika ada salah satu pasangan yang memiliki kualitas kesuburan kurang baik, maka proses terjadinya kehamilan tidak bisa maksimal.

Proses Terjadinya Kehamilan

Sel Telur
Sel telur merupakan sel yang paling besar dimiliki oleh seorang perempuan. Diameternya bisa mencapai hingga 200 mikronet atau sekitar 1/5 milimeter. Jika dibandingkan dengan sel sperma, peran sperma hanya menyumbangkan separuh dari keberhasilan proses terjadinya kehamilan. Akan tetapi keduanya memiliki 23 komponen kromosom, sehingga ketika masa pembuahan berhasil maka jumlah kromosom inti pada hasil pembuahan ada 46 kromosom, kromosom inilah yang nantinya akan menentukan jenis kelamin, dan sifat bawaan dari orang tua yang menurun pada bayi. Untuk itulah kualitas sel telur harus baik karena memiliki kontribusi lebih besar dalam terjadinya kehamilan.

Berikut adalah tanda wanita memiliki sel telur yang baik:
· Dapat dilihat dari siklus menstruasi yang normal dan lancar
· Terlihat juga dari tubuh yang ideal dan bugar
· Usia produktif juga dapat mempengaruhi kualitas sel telur yang baik

Sperma
Sperma merupakan hasil produksi dari buah zakar. Dalam sekali produksi buah zakar dapat menghasilkan ratusan juta sel sperma. Dalam sekali orgasme sperma yang keluar bisa mencapai dua ratus hingga tiga ratusan juta sel sperma. Yang unik saat sel sperma diepas menuju sel telur, sel sperma akan bergerak seperti busur panah yang tidak peduli apapun. Semua berusha menerobos hingga dapat menempel pada sel telur dan masuk kedalamnya untuk proses pembuahan. Namun dari berjuta-juta sel sperma yang terlepas, hanya aka nada satu saja yang berhasil menembus sel telur, dan kemudian yang lainnya tidak akan bertahan lagi. Meskipun jauh lebih kecil dari sel teluh, sel sperma juga memiliki komponen penting dalam menghasilkan sifat keturunan dan keberhasilan proses terjadinya kehamilan.

Berikut adalah ciri-ciri sperma yang baik dan sehat:
· Berbentuk baik dengan kepala lonjong atau oval yang memiliki ekor panjang dengan ujung lancip
· Sperma yang sehat akan berenang dengan sangat cepat dan lurus
· Memiliki tingkat asam basa maksimal 7pH
· Berwarna putih kental seperti awan

Itulah beberapa pengertian tentang kualitas sel telur dan sperma yang menjadi peran penting dalam keberhasilan proses terjadinya kehamilan. Semoga bermanfaat.
BFI15040116

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY