Penggunaan Minyak Esensial Selama Hamil

Penggunaan Minyak Esensial Selama Hamil

171
0
SHARE
Penggunaan Minyak Esensial Selama Hamil
Source: shutterstock

KabarFemale—Merasa lelah saat hamil? Kenapa tidak coba aroma nikmat dan menyehatkan dari minyak esensial? Minyak esensial aman dan menjadi cara yang baik untuk merasa berenergi selama hamil. Hanya saja Anda perlu berhati-hati ketika digunakan langsung pada kulit. Minyak esensial adalah ekstrak tanaman yang sangat kuat serta keras, dan meski konsentrasinya tinggi, bisa memberi dampak signifikan pada tubuh. Karenanya, kami sarankan berbicara pada dokter sebelum menggunakan minyak esensial langsung pada kulit.

Manfaat penggunaan minyak esensial sangat banyak, terutama jika digunakan selama hamil. Penggunaan minyak esensial bisa meredakan masalah terkait kehamilan seperti mual, kaki bengkak, dan nyeri. Minyak esensial juga membantu Anda merasa rileks dan tenang. Bila Anda membutuhkan tambahan energi, ada berbagai jenis minyak untuk membantu meningkatkan vitalitas dan membuat Anda merasa berenergi. Minyak esensial juga bisa menjernihkan pikiran, membantu Anda berkonsentrasi, dan bahkan membantu dalam membuat keputusan.

Berikut ini beberapa minyak esensial yang baik untuk kehamilan:

Jeruk. Minyak esensial ini disebut-sebut bisa membuat Anda merasa tenang, gembira, dan berenergi.

Lavender. Aman untuk digunakan setelah kehamilan 12 minggu. Lavender baik untuk membuat Anda rileks dan tenang. Juga meringankan rasa sakit serta mengurangi retensi cairan.

Neroli. Bagi yang merasakan kecemasan kehamilan, neroli bisa membantu membuat Anda merasa rileks dan tenang. Juga meningkatkan regenerasi sel kulit agar Anda terlihat cantik.

Kayu putih. Minyak ini sangat baik bila hidung Anda tersumbat karena bisa berperan sebagai antiperadangan, antiseptik, dan antivirus untuk meredakan gejala pernafasan tersumbat.

Minyak tea tree. Untuk digunakan hanya selama kehamilan dan bukan selama persalinan. Minyak tea tree adalah antijamur dan antivirus yang membantu meredakan gejala sariawan selama hamil.

Geranium. Bagus untuk meningkatkan energi dan melancarkan sirkulasi. Juga mengurangi nyeri kaki dan membantu Anda merasa segar. Geranium aman digunakan setelah tiga bulan pertama kehamilan.

Selama hamil, ada beberapa minyak esensial yang perlu Anda hindari. Beberapa minyak ini bersifat racun atau menyebabkan menstruasi. Selama hamil, minyak berikut ini harus dihindari:
– Almond
– Basil
– Lada hitam
– Chamomile
– Kayu manis
– Cengkeh
– Melati
– Lemon
– Serai
– Pala
– Oregano
– Peppermint
– Mawar

Bila Anda memiliki riwayat keguguran, epilepsi, masalah jantung, diabetes, liver, tiroid, atau penyakit ginjal serta masalah pembekuan darah, sebaiknya tidak menggunakan minyak esensial selama hamil. Berkonsultasilah pada dokter atau bidan bila ada yang perlu Anda tanyakan.

AFI150301

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.