Pendarahan Di Saat Hamil (1)

Pendarahan Di Saat Hamil (1)

374
0
SHARE
Pendarahan Di Saat Hamil
source : blogspot.com

KabarFemale—Akan terasa menakutkan jika Anda mengalami pendarahan ketika hamil. Tapi Anda perlu tahu kalau kehilangan darah tidak selalu berarti Anda mengalami keguguran. Pendarahan selama hamil, terutama selama trimester pertama, lebih umum terjadi dibanding yang Anda kira. Sekitar ¼ jumlah wanita dari populasi sebuah penelitian mengalami pendarahan selama hamil, dengan 8 persen wanita mengalami pendarahan berat. Kebanyakan terjadi antara minggu 5 hingga 8, dan berlangsung lebih dari 3 hari.

Semua bentuk pendarahan selama hamil harus dilaporkan ke dokter atau bidan. Darah dari vagina wanita hamil sebelum kehamilan 24 minggu dianggap sebagai ancaman keguguran atau ancaman aborsi. Pendarahan setelah kehamilan 24 minggu dianggap sebagai pendarahan ante-partum.

Anda perlu bertemu dokter atau bidan dalam 72 jam setelah mengalami pendarahan bila Anda memiliki darah dengan rhesus negatif, untuk melihat apakah ada pencampuran darah antara Anda dan bayi.

Berikut ini penjelasan untuk beberapa penyebab pendarahan paling umum selama hamil. Segera beritahukan dokter atau bidan jika pendarahan disertai kram berat. Kram ringan tetap bisa terjadi pada kehamilan yang sehat.

Penyebab #1 Pendarahan implantasi
Ketika sel telur yang telah dibuahi menempel di rahim, ini akan mengakibatkan bercak darah ringan. Biasanya kondisi ini berlangsung selama satu atau dua hari dan terjadi selama waktu antara implantasi, tidak lebih lama dari menstruasi yang biasa. Pendarahan implantasi biasanya berupa darah segar berwarna cerah seperti ketika jari Anda terpotong, bisa juga dalam bentuk lendir berwarna merah muda.

Penyebab #2 Ancaman keguguran
Penelitian mengindikasikan sekitar sepertiga kehamilan berakhir dengan keguguran. Tapi ini terjadi pada kehamilan 12 minggu pertama, termasuk keguguran sangat dini yang terjadi sebelum wanita menyadari kehamilannya. Ini bisa terjadi karena janin rusak dan tubuh menolak kehamilan yang tidak bisa dipertahankan.

Penyebab #3 Pendarahan setelah berhubungan seks
Pendarahan setelah berhubungan seks menjadi salah-satu penyebab paling umum pendarahan selama hamil. Ini sangat tidak berbahya dan disebabkan oleh peningkatan aliran darah dan melunaknya serviks. Meski pendarahan jenis ini tidak serius, Anda harus melaporkannya pada dokter. Bersiaplah bila Anda ditanya, “Apakah Anda baru saja berhubungan seks?” Memang akan sedikit memalukan tapi ini memang jadi penyebab pendarahan yang umum. Anda tidak perlu berhenti berhubungan seksual karena bayi terlindungi dengan aman di dalam rahim, cukup jauh dari vagina.

 

AFI150301

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY