Pemanis Pada Masakan (1)

Pemanis Pada Masakan (1)

150
0
SHARE
Pemanis Pada Masakan (1)
Source: google

KabarFemale—Jika Anda termasuk orang yang khawatir tentang asupan kalori dari makanan, berarti Anda perlu menggunakan gula alternatif untuk mengurangi jumlah kalori, dan ada banyak sekali jenis pemanis yang kadang membuat bingung memilihnya. Ada yang mengklaim produk pemanisnya alami, ada yang menambahkan kalori tambahan dan ada yang tidak. Jadi pemanis mana yang aman? Yang mana bisa digunakan untuk memasak? Ada banyak lagi pertanyaan terkait pemilihan kalori yang aman sebagai alternatif gula.

Pemanis ada banyak bentuknya. Kita bisa mengelompokkannya menjadi tiga kategori yakni gula alkohol, pemanisi buatan, dan pemanis alami.

Gula alkohol
Bila Anda membaca label produk, ada beberpa istilah untuk gula alkohol seperti Maltitol, Mannitol, Sorbotol, Xylitol, Lactitol, Isomalt, serta Erythritol. Meski gula alkohol bisa dibuat, sebenarnya gula alkohol terbentuk secara alami pada beberapa jenis tanaman. Tidak seperti namanya, gula alkohol sama sekali bukan alkohol, meski memiliki struktur kimia yang mirip.

Beberapa produk gula alkohol bisa digunakan untuk memaniskan minuman, buah, atau resep masakan modifikasi. Sebaiknnya baca label untuk informasi penggunaannya dalam memasak. Beberapa gula alkohol rasanya kurang manis dibanding gula, dan mengandung lebih sedikit kalori, rata-rata 2 kalori per gram. Menggunakan gula alkohol mengurangi jumlah kalori yang ditambahkan oleh pemanis ketika dibandingkan dengan penggunaan gula biasa.

Gula alkohol bisa ditemukan pada produk makanan seperti es krim, permen, permen karet, atau coklat dengan label bebas gula. Bila Anda sedang berusaha mengurangi berat badan, mengkonsumsi produk dengan gula alkohol lebih baik dari gula biasa karena mengandung kalori leibh sedikit, sehingga memproduksi kalori yang lebih rendah. Tapi Anda tetap perlu berhati-hati, pada beberapa kasus produk ini mengandung lebih banyak lemak, jadi Anda perlu membandingkan label nutirisi untuk melihat apakah Anda benar-benar mengurangi kalori dengan menggunakan versi bebas gula dari makanan yang Anda suka.

Kelompok yang diuntungkan dari produk berpemanis gula alkohol adalah pengidap diabetes. Makanan dengan gula alkohol biasanya mengandung lebih sedikit karbohidrat, sehingga lebih mudah mengatur makan bagi penderita diabetes. Keuntungan lainnya dari produk gula alkohol adalah tidak menyebabkan kerusakan gigi. Bahkan Xylitol bisa membantu mencegah kerusakan gigi.

Sejauh ini produk makanan dengan kandungan gula alkohol dianggap aman. Tak ada bukti ilmiah yang menyatakan penggunaannya menyebabkan bahaya. Meski beberapa gula alkohol bisa mengakibatkan masalah gastrointestinal seperti kembung dan efek laksatif pada beberapa orang.

AFI150301

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY