Pantangan Makanan Ibu Hamil Muda

Pantangan Makanan Ibu Hamil Muda

181
0
SHARE
Pantangan Makanan Ibu Hamil Muda
Source : checkourwork.com

KabarFemale – Saat mengetahui Anda sedang hamil artinya Anda harus dua kali lipat menjaga diri, entah dari aktivitas yang Anda lakukan, bagaimana mood Anda hingga apa saja makanan yang Anda konsumsi setiap hari. Nah, apalagi ketika usia kandungan masih dini, Anda harus tahu apa saja pantangan makanan ibu hamil muda. Hal ini dilakukan demi menjaga kesehatan Anda, bayi Anda dan juga lancarnya kehamilan Anda hingga persalinan nanti akan tiba.

Macam Pantangan Makanan Ibu Hamil Muda

Ada beberapa makanan yang menjadi pantangan makanan ibu hamil muda. Di antaranya dilarang untuk dikonsumsi karena mengandung zat-zat yang membahayakan kandungan dan juga kesehatan ibu hamil. Nah, supaya Anda selalu terproteksi saat awal kehamilan, hindari makanan-makanan ini :

Daging Mentah

Segala jenis daging mentah, entah itu sapi, ayam ikan dan daging lainnya harus Anda hindari selama kehamilan. Ini dikarenakan resiko adanya bakteri seperti coliform, toksoplasmosis dan juga salmonella yang berbahaya untuk kehamilan. Hindari daging mentah atau setengah matang sekalipun.

Ikan Bermerkuri

Kadar merkuri tinggi pada ikan seperti hiu, king mackerel dan tilefish harus Anda stop di masa awal kehamilan. Ada juga beberapa jenis ikan yang biasa dimasukkan ke dalam sushi, Anda harus juga menghindarinya. Merkuri sangat berbahaya untuk kehamilan karena bisa membuat janin terlambat berkembang dan rusaknya otak.

Ikan Asap

Ikan asap juga termasuk makanan yag harus dihindari ketika masa awal kehamilan. Ini karena resiko adanya Listeria karena ikan tidak dimasak hingga matang sempurna. Listeria sangat berbahaya karena bisa membuat janin terinfeksi hingga beresiko kematian pada janin.

Kafein

Kafein di awal kehamilan sangat dianjurkan untuk dikurangi bahkan diberhentikan terlebih dahulu. Ini karena menurut beberapa studi kafein bisa menjadi pemicu terjadinya keguguran.

Susu Tidak Pasteurisasi

Susu yang tidak mengalami proses pasteurisasi terancam mengandung bakteri Listeria. Bakteri ini bisa membuat Anda keguguran. Karenanya, untuk lebih aman Anda harus minum susu yang sudah dipasteurisasi saja.

Telur Mentah

Telur yang tidak dimasak hingga matang, misal digoreng setengah matang atau direbus setengah matang adalah pantangan besar untuk ibu hamil. Ini karena terdapar bakteri salmonela yang bisa membuat kehamilan Anda terganggu.

Menjaga kehamilan adalah hal yang penting, terlebih jika Anda ingin yang terbaik untuk si kecil dalam kandungan. Tahu apa saja yang boleh dan tidak boleh adalah keharusan. Jangan segan untuk bertanya atau mencari informasi melalu baca-baca agar kehamilan Anda berjalan lancar hingga persalinan tiba.

BFI15040245

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY