Pantangan Ibu Hamil yang Harus Dihindari

Pantangan Ibu Hamil yang Harus Dihindari

235
0
SHARE
© scarymommy

KabarFemale—Setelah dinyatakan positif hamil oleh dokter. Tentu Sekarang Anda harus lebih menjaga kesehatan demi nutrisi bayi yang harus tecukupi. Bukan hanya itu Anda juga harus dengan rutin memantau perkembangan kehamilan Anda.

Dan salah satunya adalah dengan selektif memilih makanan yang akan Anda makan. Karena saat ini Anda tidak mengonsumsi makanan untuk diri Anda sendiri, tapi juga untuk calon bayi Anda. Untuk itu kali ini kita akan membahas pantangan makanan apa saja yang harus Anda hindari. Berikut adalah makanan yang menjadi pantangan ibu hamil:

1. Ikan yang Mengandung Merkuri

Makanan pertama yang menjadi pantangan Ibu hamil adalah semua jenis ikan yang mengandung merkuri. Jenis ikan yang banyak mengandung merkuri dan harus Anda hindari yaitu ikan todak, ikan mackerel, dan tilefish.

Karena kandungan merkuri yang dapat berbahaya untuk perkembangan otak calon bayi Anda maka jangan sampai Anda memakannya. Anda dapat menggantinya dengan ikan salmon, karena menurut hasil riset ikan salmon adalah salah satu jenis ikan yang paling aman untuk dikonsumsi ibu hamil, karena kandungan merkurinya yang sangat sedikit.

2. Semua Makanan Mentah

Jangan pernah sesekali Anda memakan makanan mentah. Karena makanan mentah seperti sayuran mentah ataupun ikan mentah dalam sushi, dan semua makanan setengah matang memiliki kandungan bakteri dan parasit yang lebih tinggi dan dikhawatirkan dapat mengganggu perkembangan janin Anda. Apalagi jika usia kehamilan Anda masih sangat muda, hal ini tentu lebih rentan terhadap kehamilan Anda. So, hindari makanan mentah ya moms. Tentu Anda akan melakukan apapun yang terbaik untuk memenuhi nutrisi calon bayi Anda.

3. Kandungan Kafein

Buat Anda pecinta kopi, lebih baik hentikan dulu kebiasaan minum kopi Anda selama hamil. Karena kafein dapat sangat membahayakan bagi kehamilan Anda. Menurut hasil penelitian, kafein dapat memicu kendungan Anda mengalami keguguran, dan resiko bayi lahir dengan berat dibawah normal.

Bahkan dapat pula beresiko kematian bayi saat kelahiran. Tentunya Anda tidak ingin hal ini terjadi kan moms. Untuk itu hindari pantangan memakan atau meminum makanan dan minuman yang mengandung kafein selama Anda hamil.

4. Kelebihan Kalori

Selama Anda hamil, kebutuhan kalori memang sangat penting untuk tetap menjaga nutrisi tubuh Anda tercukupi. Akan tetapi dengan catatan harus seimbang dan dala jumlah porsi yang tepat. Karena kelebihan kalori dapat menjadikan Anda mengalami obesitas dan akan mempengaruhi berat bayi yang juga lahir dengan berat tinggi selain itu dapat juga beresiko pada ANda mengalami diabetes.

Akan tetapi tidak harus Anda berusaha untuk menurukan berat badan agar tetap ideal selama kehamilan. Yang harus Anda lakukan hanyalah mengatur jumlah kalori yang masuk dalam tubuh Anda tetap normal dan seimbang dengan porsi yang tepat. Semoga informasi mengenai pantangan makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil ini dapat membantu Anda untuk selalu sehat selama kehamilan.

BFI1502019

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY