Panduan Ibu hamil: Persiapan Persalinan Normal

Panduan Ibu hamil: Persiapan Persalinan Normal

229
0
SHARE
Panduan Ibu hamil: Persiapan Persalinan Normal
Source : newkidscenter.com

KabarFemale—Menunggu detik-detik jelang persalinan memang mendebarkan. Menjalani persalinan normal merupakan satu hal yang paling didambakan setiap wanita. Akan tetapi menjelang persalinan rasa khawatir, gelisah, dan tegang pasti bercampur menjadi satu. Untuk mengatasi semua perasaan itu ada baiknya Anda melakukan persiapan persalinan normal jauh-jauh hari, agar hal yang tidak diinginkan tidak sampai terjadi. Simak terus panduan ibu hamil berikut ini.

Inilah persiapan persalinan normal yang harus Anda perhatikan sejak jauh-jauh hari:

1. Bergabung dengan kelas khusus Ibu hamil
Salah satu persiapan persalinan normal yang harus dialakukan adalah bergabung dengan kelas khusus ibu hamil. Kelas ini diperuntukkan bagi ibu hamil yang ingin belajar dan berbagi pengalaman dengan bumil lainnya, selain itu Anda juga bisa berkonsultasi mengenai beragam keluhan selama kehamilan. Dengan mengikuti kelas ibu hamil maka akan mengurangi sedikit rasa khawatir Anda sebelum persalinan normal.

2. Memilih dokter dan rumah sakit bersalin
Yang kedua yaitu Anda bisa memulai memilih dokter kandungan dan rumah bersalin pilihan Anda dan suami. Dalam hal ini pastikan Anda berdiskusi dengan baik dan memilih berdasarkan hasil kesepakatan bersama. Selain itu pilihlah rumah sakit yang dekat dan memiliki akses yang mudah dijangkau dari rumah Anda agar nantinya semua bisa berjalan dengan lancar saat kontraksi sudah datang.

3. Mempersiapkan posisi dukungan persalinan normal
Lakukan beberapa latihan untuk mempersiapkan posisi dukungan menjelnag persalinana normal. Posisi yang dapat Anda latih yaitu posisi sujud, dengan berlatih melakukan posisi ini maka akan memudahkan Anda mendapatkan persalinan normal. Selain itu melakukan garakan naik turun tangga juga dapat membantu Anda dalam mendapatkan persalinan normal. Namun Anda harus tetap hati-hati dan mengatur intensitas dalam berlatih. Tidak perlu terlalu sering karena hal ini juga menyangkut keselamatan kandungan Anda yang mendekati masa persalinan dan sangat rentan.

4. Tetap rileks
Bila perslinan ini merupakan yang pertama untuk Anda dan kekhawatiran yang berlebih selalu Anda rasakan, ada baiknya Anda tetap rileks. Anda bisa berenang atau mandi dengan air hangat untuk merelaksasi tubuh Anda agar tetap nyaman dan tidak tegang. Anda juga bisa melakukan beberapa pemijatan ringan dengan minyak essensial atau minyak aromaterapi untuk menjaga otot-otot Anda agar tidak kaku.

5. Jangan melakukan kegiatan berat
Bila selama ini Anda bekerja, maka segeralah mengambil cuti dan perbanyakah istirahat di rumah. Jangan terlalu capek dan kelelahan menjelang persalinan. Anda harus sudah mulai memanjakan diri, karena persalinan normal membutuhkan tenaga ekstra yang harus Anda persiapkan mulai dari sekarang. Untuk itu hematlah tenaga Anda ya bun.

Itulah 5 persiapan persalinan normal yang dapat Anda lakukan menjelang kelahiran si kecil.

BFI15040151

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY