Olahraga Di Kehamilan 5 Bulan

Olahraga Di Kehamilan 5 Bulan

166
0
SHARE
Olahraga Di Kehamilan 5 Bulan
Source : myrtlebeachbirthservices.com

KabarFemale—Berolahraga di trimester kedua, terutama di kehamilan 5 bulan bisa jadi hal yang sangat penting untuk menjaga energi dan membantu Anda tidur lebih baik di malam hari. Berolahraga juga mempersiapkan tubuh untuk persalinan dan mencegah penambahan berat badan yang terlalu banyak. Kunci melakukan olahraga saat ini adalah perlahan dan stabil. Anda harus selalu melakukan pemanasan sebelum berolahraga dan berhenti bila merasa kehabisan nafas atau nyeri.

Seberapa sering Anda perlu berolahraga di kehamilan 5 bulan?

Dinilai aman untuk melakukan olahraga setiap hari selama kehamilan 5 bulan. Jika Anda menyukai latihan fisik yang panjang, perhatikan signal tubuh dan berhenti ketika merasa lelah. Anda mungkin perlu memperpendek atau memodifikasi latihan ketika perut semakin membesar dan gejala kehamilan berubah. Beberapa wanita bisa merasa nyaman dengan berolahraga selama 30 menit, 3 hingga 7 hari dalam seminggu.

Perhatikan signal dari tubuh Anda. Jika Anda mengalami gejala berikut, segera berhenti beolahraga, karena latihan fisik yang Anda lakukan mungkin berlebihan:
– Pusing
– Sakit kepala
– Mual atau muntah
– Kepanasan atau dehidrasi
– Pendarahan vaginal
– Sakit perut
– Nyeri pada punggung bawah
– Lelah

Hubungi dokter bila gejalan ini membuat Anda cemas atau tidak hilang dalam 15 menit setelah berhenti melakukan latihan fisik.

Ketika mencapai kehamilan 20 minggu Anda harus berhenti berolahraga yang membutuhkan posisi berbaring telentang. Ketika rahim meningkat ukurannya, berbaring telentang bisa memberi tekanan pada inferior vena cava, pembuluh darah besar yang mengembalikan darah ke jantung.
– Berjalan kaki. Ketika Anda mengalami perubahan karena perubahan di bentuk tubuh, pastikan untuk fokus pada postur tubuh ketika berjalan kaki untuk mencegah menekuk punggung karena peningkatan jumlah berat yang Anda bawa di bagian depan. Ketika Anda merasa kehabisan nafas, perlahan atau berhenti dan beristirahatlah.
– Yoga. Ketika kehamilan berlanjut dan berdampak lebih besar pada aktifitas Anda, ikuti kelas yoga yang khusus untuk wanita hamil atau beli buku serta video tentang pose yoga yang aman untuk wanita hamil.
– Berenang. Jika Anda suka berenang, Anda bisa terus melakukannya hingga trimester kedua tanpa mengalami kesulitan. Jiga Anda mulai mengalami nafas pendek saat berenang, coba lakukan secara perlahan dan tetap berada di dekat pinggir kolam atau di area kolam yang dangkal.

BFI150503(14)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY