Nyeri Punggung Di Kehamilan Usia 5 Bulan

Nyeri Punggung Di Kehamilan Usia 5 Bulan

480
0
SHARE
Nyeri Punggung Di Kehamilan Usia 5 Bulan
Source : pixshark.com

KabarFemale—Pada kehamilan usia 5 bulan, Anda masih menikmati suasana trimester kedua, tapi energi Anda mulai menipis karena kurangnya kualitas tidur. Kekurangan tidur juga mengakibatkan emosi tidak stabil. Saat ini waktunya untuk memprioritaskan waktu yang dihabiskan untuk tidur.

Pertumbuhan janin di kehamilan usia 5 bulan

Memasuki kehamilan usia 5 bulan, bayi memiliki panjang 10 hingga 12 inci dan berat sekitar 1 pound. Tubuhnya ditutupi oleh lapisan putih berminyak yang dikenal dengan vernix caseosa, yang menjaga kulit yang menyerap cairan tidak mengelupas dan melindungi dari infeksi.

Seiring pertumbuhan bayi, otot dan persendian merenggang untuk mendukung berat badannya. Hasilnya bisa berupa rasa sakit dan nyeri karena tubuh menyesuaikan diri. Kulit perut Anda merenggang, mengetat, dan terasa sangat gatal. Krim pelembab yang baik bisa mengurangi gatal meski tidak mencegah atau menghilangkan stretch marks.

Anda mulai merasa tidak nyaman pada perut bagian bawah, paha dalam, dan pinggang. Hormon kehamilan menjadi sumber semua rasa tidak nyaman yang Anda rasakan, termasuk nyeri punggung bagian bawah. Progesteron dan relaksin, hormon yang bertangung jawab untuk melembutkan pensendian panggul untuk melahirkan juga melonggarkan persendian punggung bawah, dan digabungkan dengan berat janin yang selalu bertambah, punggung menjadi tegang.

Hubungi dokter bila perut atau punggung mengalami nyeri parah dan disertai oleh:
– Demam
– Muntah
– Pendarahan vaginal
– Kaki mati rasa

Kebanyakan sakit punggung ringan wajar terjadi selama hamil, tapi pada kasus yang jarang bisa menjadi tanda persalinan sebelum waktu, infeksi ginjal, atau masalah medis lainnya.

Untuk meringankan rasa sakit pada punggung selama hamil:
– Berdiri tegak. Pusat gravitasi di tulang punggung dan panggul, bukan di perut.
– Duduk tegak. Gunakan postur yang baik ketika duduk juga pilihlah kursi yang baik dengan membeli kursi ergonomis atau gunakan bantal kecil untuk duduk nyaman.
– Hindari memutar dan memelintir. Karena semua persendian terasa longgar, gerakan mendadak seperti berputar di pinggang untuk bangun dari tempat tidur bisa membuat punggung tegang. Gunakan lengan untuk mendukung tubuh bangkit dari kursi.
– Bila memiliki anak kecil yang masih perlu digendong, gunakan cara menggendong yang benar. Untuk menghindari cedera, tekuk dan gunakan otot lengan untuk mengangkat benda, bukan dengan menekuk dari pinggang dan mengangkat dengan punggung.
– Kompres hangat pada punggung, pinggang, atau area nyeri lain untuk mengurangi rasa sakit. Hindari sepatu hak tinggi, karena akan memberi tekanan pada tulang belakang. Gunakan bangku kecil untuk meletakkan kaki ketika Anda duduk. Jika harus berdiri lama, bergantian istirahatkan kaki.
– Tidur di posisi miring dengan bantal ditempatkan di antara dua kaki. Ini akan meluruskan tulang belakang dan mendukung postur tidur.

BFI15030318

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY