Nutrisi Ibu Hamil Trimester 1, Pastikan Anda Mendapat Yang Anda Butuhkan

Nutrisi Ibu Hamil Trimester 1, Pastikan Anda Mendapat Yang Anda Butuhkan

285
0
SHARE
Nutrisi Ibu Hamil Trimester 1, Pastikan Anda Mendapat Yang Anda Butuhkan
Source : mypreciousbaby.org/

KabarFemale—Trimester pertama kehamilan ditandai oleh transformasi yang belum terlihat. Dan proses ini terjadi dengan cepat. Hormon memicu tubuh untuk mulai memberi nutrisi pada janin bahkan sebelum tes dan pemeriksaan fisik bisa mengkonfirmasi kehamilan. Ingin tahu apa saja nutrisi ibu hamil trimester 1 selain tambahan kalori 300 gram?

Nutrisi ibu hamil trimester 1 yang harus Anda penuhi dan cara mendapatkannya

Seng (zinc). Seng sebagai salah-satu nutrisi ibu hamil trimester 1 bisa mengurangi resiko persalinan sebelum waktu, berat badan lahir rendah, dan persalinan yang lama. Seng mencegah penghambatan pertumbuhan dalam rahim. Pisang jadi pilihan yang baik. Anda akan mendapat 1,8 mikrogrm pada tiap setengah sajian pisang.

Asam folat. Bahkan sebelum hamil, Anda harus mulai mengkonsumsi asam folat. Dengan begitu Anda dapat mengurangi resiko cacat lahir. Kebutuhan asam folat sebanyak 600 mikrogram per hari. Anda bisa makan satu buah jeruk yang mengandung 50 mikrogram asam folat sebagai cemilan ketika terbangun di tengah malam.

Beta karoten. Beta karoten baik untuk kulit dan penglihatan, juga sistem kekebalan. Penting juga untuk perkembangan sel dan gen yang baik. Anda membutuhkan beta keroten 7.700 IU per hari. Cobalah ubi ketela yang mengandung 50.000 IU dalam satu takaran cangkir.

Kalsium. Mendapat kalsium yang cukup bisa mengurangi resiko preeklampsia, berat badan lahir rendah, dan persalinan sebelum waktu. Anda membutuhkan 1000 mg kalsium per hari. Cobalah yoghurt yang mengandung 450 mg per gelas.

Protein. Tubuh membutuhkan lebih banyak protein untuk membantu janin tumbuh dan memastikan otot bayi berkembang dengan baik. Kebutuhan protein Anda menjadi 60 hingga 70 gram per hari.

DHA. Jumlah DHA yang lebih tinggi berarti berat badan yang lebih tinggi. DHA juga tekait dengan IQ yang lebih tinggi, kemampuan motorik yang lebih baik, dan masalah emosi dan neurologikal yang lebih sedikit. Kebutuhan DHA Anda kini sebanyak 450 mg per hari.

Zat besi. Asupan zat besi yang tidak mencukupi bisa mengganggu pertumbuhan bayi dan meningkatkan resiko hipertensi, eklampsia, kelahiran sebelum waktu, dan berat badan lahir rendah. Anda membutuhkan 27 mg zat besi per hari.

Vitamin D. Anda membutuhkan 200 IU vitamin D per hari. Vitamin D akan meningkatkan sirkulasi darah pada plasenta dan membantu penyerapan kalsium. Jus jeruk fortifikasi bisa memberi Anda 50 IU per gelas, jadi Anda patut mencobanya.

BFI15030311

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.