Penting: Makanan untuk Bayi yang Tidak Boleh Dikonsumsi

Penting: Makanan untuk Bayi yang Tidak Boleh Dikonsumsi

237
0
SHARE
Makanan untuk Bayi yang Tidak Boleh Dikonsumsi
Source: healthtap

KabarFemale — Tentu Anda akan merasa senang jika melihat bayi Anda dengan lahap memakan makanan yang Anda suapkan padanya. Akan tetapi, Anda juga harus tahu bahwa sistem pencernaan bayi masih dalam tahap berkembang dan masih rentan terhadap makanan-makanan tertentu. Untuk itu, Anda juga perlu selektif dalam memilih makanan yang baik untuk bayi Anda, karena tidak semua jenis makanan bisa dengan baik dicerna oleh perut kecilnya.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan usianya. Pastikan Anda memberikan makanan sesuai dengan usianya.

Nah, berikut adalah beberapa makanan untuk bayi yang tidak boleh dikonsumsi menurut babycenter.com:

  1. Usia4-6 bulan
    Pada rentang usia ini jangan memberi makanan apapun pada bayi Anda kecuali ASI atau susu formula. Karena hanya dua jenis makanan ini sajalah yang boleh dikonsumsi bayi. Bubur atau sejenisnya termasuk makanan untuk bayi yang belum boleh dikonsumsi karena belum sesuai dengan usia dan sistem pencernaannya.
  2. Usia 6-12 bulan
    Makanan untuk bayi yang tidak boleh dikonsumsi selanjutnya adalah jenis susu seperti susu sapi, susu kedelai, dan madu. Mungkin ketiga jenis makanan itu memang memiliki nutrisi yang baik untuk orang dewasa. Akan tetapi beda halnya dengan bayi. Spora pada madu yang bernama Clostridium botulinum bisa membahayakan bayi, karena spora ini bisa berubah menjadi racun akibat sistem usus yang belum sempurna. Selain itu pada usia pertamanya bayi belum dapat mencerna protein susu baik dari jenis susu sapi maupun susu kedelai. Bukan hanya itu saja, jenis mineral pada susu juga dapat merusak ginjal bayi.
  3. Hindari makanan yang bisa membuat bayi tersedak
    Hati-hati memberikan makanan yang memiliki tekstur keras ataupun bentuk yang terlalu besar. Sebelum memberikannya, potonglah kecil-kecil terlebih dahulu karena akan berisiko bayi mengalami tersedak. Selain itu pemberian permen yang lengket dan keras juga dapat berisiko tersangkut pada tenggorokan bayi dan menghalangi sistem pernapasan. Selain itu makanan jenis selai yang lengket juga dapat membuat bayi kesulitan dalam menelannya.

Nah, bunda sekarang sudah tahu ‘kan apa saja makanan untuk bayi yang tidak boleh dikonsumsi. Untuk itu, ada baiknya untuk selalu mendampingi dan menemani buah hati Anda saat akan memakan makanan tertentu agar risiko ataupun hal buruk yang tidak diinginkan dapat dihindari. Tapi juga jangan sampai lupa juga untuk menjaga kondisi Anda agar si buah hati tidak tertular penyakin yang Anda derita. Semoga bermanfaat.

BFI15030165

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY