Cara Menyimpan ASI yang Baik dan Benar

Cara Menyimpan ASI yang Baik dan Benar

226
0
SHARE
Cara Menyimpan ASI yang Baik dan Benar
Source: Pinimg

KabarFemale — Apakah Anda termasuk wanita yang bekerja? Dan tidak sempat memberikan ASI pada buah hati Anda? kata siapa Anda tidak bisa. Tentu saja Anda tetap masih bisa memberikan ASI pada buah hati Anda, bun, lalu bagaimana caranya?

Berikut adalah cara menyimpan ASI yang baik dan benar:

  1. Cuci tangan dulu

Cara menyimpan ASI yang pertama yaitu sebelum memerah ASI pastikan Anda mencuci tangan terlebih dahulu, hal ini untuk mencegah bakteri atau kuman yang mungkin menempel pada tangan Anda ikut masuk pada ASI.

  1. Simpan dalam botol kaca atau plastik

Setelah memerahnya, simpanlah ASI pada botol plastik atau kaca yang khusus untuk menyimpan ASI. Dan pastikan botol sudah dalam keadaan bersih dan steril, Anda bisa menguapkannya atau mengocoknya terlebih dahulu dengan air panas untuk memastikan bakteri dan kuman benar-benar mati.

  1. Jangan menyimpan di kantong plastik

Yang perlu dihindari adalah jangan menyimpannya pada kantong plastik ya, bun, hal ini ditakutkan plastik akan mengalami bocor ataupun memiliki bahan kimia yang bisa terkontaminasi langsung dengan ASI.

  1. Tanda dengan tanggal

Jangan lupa untuk menandai dengan menuliskan tanggal pada botol ASI kapan bunda memerahnya. Jika bunda masih di rumah sakit pastikan Anda juga menuliskan nama bayi bunda hal ini untuk menghindari risiko tertukar.

  1. Tutup dengan rapat

Pastikan botol atau tempat penyimpanan ASI benar-benar tertutup rapat ya bun. Hal ini untuk menghindari tumpah ataupun paparan bakteri dan kuman yang mungkin bertebaran.

  1. Simpan ke dalam freezer

Selanjutnya simpan di dalam freezer dan biarkan membeku. Jika Anda bekerja, Anda bisa memerahnya pada malam hari dan langsung simpan pada freezer agar keesokan harinya bisa langsung membeku. Pembekuan ini berguna untuk menjaga agar komposisi dari ASI tetap baik. Anda juga bisa mencampurkan ASI yang beku dengan ASI yang baru saja diperah asalkan pemerahan dilakukan pada hari yang sama ya, bun. Tapi jangan menambahkan langsung ASI hangat ke ASI yang beku karena hal ini dapat merusak komposisi ASI yang beku. Untuk baiknya sebelum mencampurkan ASI ke ASI beku, rendamlah terlebih dahulu ASI ke air es agar memiliki suhu yang sama.

Nah sekarang sudah tahu ‘kan, bunda, bagaimana cara menyimpan ASI yang baik dan benar, menyimpan ASI tidak boleh sembarangan ya, bun. Semoga bermanfaat.

BFI15030161

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY