Nasihat Keliru tentang Tidur Bayi

Nasihat Keliru tentang Tidur Bayi

130
0
SHARE
Nasihat Keliru tentang Tidur Bayi
Source: theasianparent.com

KabarFemale—Anda merasa sangat lelah, dan sudah melakukan apa saja agar si kecil tertidur. Jangan sembarangan mengikuti nasihat tentang tidur bayi, karena ada beberapa saran yang keliru. Berikut ini beberapa yang mungkin sering Anda dengar dan tak patut diikuti.

#1 Memastikan bayi selalu terjaga di siang hari dengan menggelitik kakinya ketika ia tertidur, agar ia bisa tidur nyenyak di malam harinya.

Faktanya, bayi harus banyak tidur baik di siang maupun malam hari. Tidur sangat penting untuk perkembangan otak bayi. Pada usia dua bulan, bayi seharusnya masih banyak tidur sepanjang hari. Jangan berharap atau coba membuat jadwal tidur teratur untuk sementara waktu. Yang terpenting saat ini adalah membuat bayi mendapat tidur yang dibutuhkan.

#2 Membangunkan bayi untuk menyusu tiap beberapa jam sehingga mengacaukan jadwal tidurnya karena orangtua khawatir ia tidak mendapat ASI yang cukup.

Hingga bayi memperoleh kembali berat badah lahirnya, Anda sebenarnya perlu membangunkan bayi jika sudah 4 jam sejak terakhir ia menyusu. Selama beberapa minggu pertama, bayi makan setiap 1,5 hingga 3 jam.

Pada beberapa bulan pertama, kebutuhan bayi sangat tinggi tapi kemampuannya untuk berkomunikasi sangat rendah. Bila bayi tertidur sangat lelap di malam hari, beberapa kebutuhan dasarnya tidak bisa terpenuhi. Bayi yang kecil memiiliki ukuran perut yang kecil pula, dan ASI tercerna dengan sangat cepat. Bila stimulus rasa lapar tidak bisa membuatnya terjaga, ini tidak baik baginya. Jika hidung bayi mampet dan tidak bisa bernafas, atau ia demam dan tubuhnya perlu dihangatkan, sedangkan kondisi tidurnya sangat dalam sehingga ia tidak bisa mengkomunikasikan kebutuhannya, keselamatan bayi dalam bahaya.

#3 Memberi makna sereal beras agar bayi lebih kenyang dan jeda lebih lama antara waktu menyusu.

Memperkenalkan makanan padat pada usia 6 bulan, itu aturannya. Jangan mulai memberi makanan padat untuk sekedar mencoba atau membuat tidurnya lebih mudah. Anda hanya mulai memperkenalkan makanan padat bila bayi sudah terlihat siap, diantaranya ketika ia menunjukkan minat pada makanan baru dan bisa menahan kepala di posisi tegak.

#4 Memberi bayi madu agar ia tidur lebih baik, atau memberi air putih agar perut bayi penuh dan kenyang sehingga bisa tidur lebih lama.

Alkohol, madu, dan air putih tidak boleh diberikan ke bayi. Madu tidak boleh diberikan hingga bayi berusia satu tahun, karena madu bisa mengandung spora bakteri yang bisa mengganggu sistem pencernaan bayi yang belum matang. Air putih boleh diberikan ke bayi setelah 6 bulan, tapi sebelum itu, air putih hanya akan membuat bayi terlalu kenyang untuk minum ASI atau susu formula.

AFI150301

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY