Mitos tentang Kehamilan Seputar Makanan

Mitos tentang Kehamilan Seputar Makanan

191
0
SHARE
Mitos tentang Kehamilan Seputar Makanan
Source: Sapujagat

KabarFemale – Berita kehamilan pastilah membawa kebahagiaan tersendiri di dalam keluarga. Kehamilan memang sebuah anugerah untuk pasangan yang mendambakan hadirnya buah hati. Walau, tidak jarang ada juga mitos tentang kehamilan yang membuat wanita hamil menjadi cemas dan juga mawas diri. Dari begitu banyak mitos untuk ibu hamil, yang akan kami bahas di sini adalah mitos kehamilan seputar makanan.

Mitos tentang Kehamilan Seputar Makanan

Daripada Anda terjebak dalam mitos tentang kehamilan yang salah dan tidak sesuai dengan faktanya, mending Anda simak dulu beberapa mitos berikut ini.

  • Makan banyak untuk 2 orang

Anda pasti sering mendapatkan saran dari keluarga atau teman dekat bahwa saat hamil, Anda harus banyak makan karena Anda tidak mengisi kebutuhan Anda saja tapi untuk si bayi juga. Mitos ini tidak sepenuhnya benar. Ibu hamil memang harus lebih memperhatikan makanannya tapi jangan sampai berlebihan karena akan berakibat obesitas.

Agar Anda tahu, di trimester pertama, wajarnya berat badan akan naik maksimal 2,5 kg saja. Kemudian di trimester kedua, berat akan meningkat setengah kilo per minggunya.

  • Makan sambal bikin bayi botak

Pernah mendengar larangan ini ketika hamil? Ternyata tidak ada kaitan antara cabe dan juga pertumbuhan rambut pada bayi lho. Ibu hamil memang tidak lebih baik tidak mengonsumsi makanan pedas dulu karena ditakutkan mengalami iritasi pencernaan dan diare. Diare pada ibu hamil bisa menyebabkan wasir jika terlalu lama terjadi.

  • Makan jeruk, bayi jadi kuning

Mitos ini juga tidak benar. Justru jeruk akan sangat bagus untuk ibu hamil. Jeruk yang kaya akan serat dan vitamin C akan membantu ibu hamil mengatasi konstipasi di trimester akhir. Sedangkan penyakit kuning sebenarnya disebabkan karena fungsi hati yang belum sempurna setelah bayi lahir.

  • Makan nanas bisa keguguran

Nah, ini mitos yang paling didengar oleh ibu hamil yang membuat mereka takut makan nanas. Nanas sebenarnya buah yang baik untuk ibu hamil. Karena nanas memiliki sumber serat dan vitamin C yang bagus untuk daya tahan tubuh. Ditambah lagi, nanas juga bagus untuk memperlancar BAB selama kehamilan.

  • Tentang susu dan kopi

Pernah dengar mitos bahwa minum susu kedelai bisa bikin kulit bayi jadi putih sedangkan kopi sebaliknya? Ini tentu tidak benar. Warna kulit bayi murni turunan dari warna kulit kedua orang tuanya. Hal tersebut tergantung genetik yang diturunkan dari kedua orang tuanya. Jadi, tidak ada kaitan antara dua jenis minuman tersebut dengan warna kulit.

  • Minum air kelapa bikin rambut jadi lebat

Sekali lagi, mitos ini tidak sepenuhnya benar. Air kelapa memang baik untuk ibu hamil karena membantu mengurangi mual dan muntah pada awal kehamilan. Namun, belum ada ulasan medis mengenai hubungan air kelapa dengan rambut bayi ketika lahir.

Nah, itu dia beberapa mitos yang terkenal di masyarakat tentang ibu hamil seputar makanan. Well, tidak semua mitos tersebut benar dan jika Anda ragu, segera konsultasikan dengan dokter.

 

BFI15040223

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY