Menu Makanan untuk Usia Kehamilan Bulan ke-5

Menu Makanan untuk Usia Kehamilan Bulan ke-5

262
0
SHARE
Menu Makanan untuk Usia Kehamilan Bulan ke-5
Source: moiasemia

KabarFemale – Saat sudah memasuki usia kehamilan 5 bulan, ibu hamil sudah bisa dikatakan dalam fase lama karena tinggal beberapa bulan lagi sudah tiba waktunya persalinan. Walau begitu, saat usia kehamilan ini masih ada juga keluhan yang terjadi. Ini karena janin mulai aktif dan sudah bisa merespons karena mulai sensitif. Terlebih ibu hamil juga mulai cepat lelah karena secara fisik perut sudah mulai membesar dan berat badan bertambah. Karena ini ibu hamil perlu menjaga kehamilannya dengan benar, salah satunya dengan menjaga menu makanan.

Menu Makanan untuk Usia Kehamilan 5 Bulan

Di usia kehamilan 5 bulan, ibu hamil sudah bisa melakukan aktivitas normal walau disarankan jangan berlebihan agar tidak capek. Nah, agar tetap kuat, ibu hamil sebaiknya mengonsumsi hal-hal berikut ini :

Kalsium dan Vitamin D

Kalsium dibutuhkan untuk ibu hamil karena baik untuk pembentukan tulang dan juga gigi sang bayi. Selain itu, dengan mengonsumsi kalsium yang cukup ibu hamil akan jauh dari osteoporosis. Terlebih jika janin kekurangan kalsium, kebutuhan kalsium akan diambil dari tulang ibu hamil sehingga ibu hamil bisa merasa mual dan muntah lebih sering. Anda bisa mengonsumsi susu, kuning telur dan hati ikan.

Omega 3

Untuk mendukung perkembangan otak pada janin selama di kandungan, Anda disarankan untuk mengonsumsi omega 3. Omega 3 didapatkan di berbagai makanan seperti salmon, sardin, telur, sayuran, kedelai dan juga makarel. Sebenarnya, disarankan mengonsumsi omega 3 dari bulan pertama kehamilan.

Zat Besi dan Vit. C

Zat besi bisa didapatkan di daging, hati atau ikan untuk memenuhi kebutuhan selama hamil. Ini penting sekali untuk membentuk sel darah merah atau hemoglobin sehingga jauh dari anemia. Ditambah lagi, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi vitamin C yang penting untuk penyerapan vitamin C. Vitamin C juga penting untuk antioksidan.

Vitamin A

Vitamin A sangat baik untuk penglihatan dan juga kulit. Anda bisa mendapatkan vitamin A di wortel, tomat, pepaya, apel, buah naga dan juga bayam. Dengan mengonsumsi vitamin A yang normal, Anda juga bisa menjaga imunitas bayi dalam kandungan.

Nah, beberapa menu makanan di atas adalah yang paling disarankan dikonsumsi selama usia kehamilan bulan ke-5. Selain itu, jangan lupa untuk mengonsultasikan kehamilan ke dokter agar tahu perkembangan sang bayi dalam kandungan. Terlebih jangan malu untuk meminta saran pada dokter agar tahu cara terbaik untuk menjaga kehamilan tetap sehat. Stay healthy!

BFI15030218

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY