Menjaga Kesehatan Kulit Bayi

Menjaga Kesehatan Kulit Bayi

163
0
SHARE
source : buahhati.co.id

KabarFemale—Anda bisa menjaga kesehatan kulit bayi dari penyakit kulit dan ruam dengan mempelajari bagaimana merawat kulit sensitifnya.

Yang perlu diperhatikan ketika menjaga kesehatan kulit bayi

Waktu mandi
Bayi perlu setidaknya dua hingga tiga kali mandi air hangat dalam seminggu agar tetap bersih demi menjaga kesehatan kulitnya. Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah suhu yang tepat dan mengisi bak mandi tidak lebih dari 2 hingga 3 inci air. Untuk mencegah bayi kedinginan saat memandikannya, tuangkan air ke bahunya.

Celupkan lap ke air bersabun dan gunakan untuk mencuci kulit kepala bayi dengan shampo. Untuk membersihkan wajahnya, Anda bisa gunakan bola kapas. Ketika mengangkat bayi dari bak mandi, tempatkan satu tangan di leher untuk menopang kepala dan tangan lain memegang bokongnya, dengan jari-jari Anda di mengitari satu paha bayi. Bungkus tubuhnya dengan handuk. Setelah badannya kering, segera gunakan baby lotion untuk mengunci cairan dan mencegah kulit kering.

Mengganti popok
Jangan sampai kegiatan mengganti popok jadi hal yang tidak nyaman dan menakutkan bagi bayi Anda. Anda bisa jalani beberapa tips agar semua berjalan lancar. Ganti popok bayi lebih sering, dan selalu gunakan tisu basah dan lap secara menyeluruh. Gunakan sedikit krim popok di bokongnya lalu tunggu sebentar agar kering dengan sendirinya sehinga cairan tidak memicu iritasi akbiat ruam popok. Pastikan Anda membeli popok bebas pengharum dan ukurannya sesuai sehingga tidak menyebabkan gesekan di kulit bayi.

Penggunaan produk untuk bayi
Paling baik menggunakan produk perawatan kulit yang dibuat khusus untuk bayi, seperti yang bebas pewangi. Tiap produk yang Anda gunakan, perhatikan reaksinya pada bayi. Selalu jaga kelembapan kulit bayi, jadi selalu sediakan lotion. Salep dengan konsistensi yang lebih pekat, lebih baik dalam menjaga kulit bayi tetap lembut. Bedak bayi sebenarnya tidak perlu digunakan bila Anda membiarkan kulit bayi kering dengan sendirinya. Tapi bila Anda tetap ingin menggunakannya, sedikit percikan bedak ke bokong bayi. Hindari sabun dengan kandungan parfum, anti bakteri, dan deodoran yang terlalu keras bagi bayi.

Perhatikan kondisi cuaca
Bayi boleh dijemur matahari di usia 6 bulan, tapi gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 di kulit yang terkena sinar matahari. Gunakan tabir surya setidaknya 30 menit sebelum keluar rumah untk perlindungan terbaik. Dengan kelenjar keringat yang belum berkembang, bayi sangat rentan mengalami ruam akibat panas. Untuk mencegahnya, gunakan pakaian yang longgar dan topi untuk perlindungan dari matahari dan menjaga kesehatan kulit bayi.

 

 

AFI150801

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY