Menginduksi Persalinan Secara Alami

Menginduksi Persalinan Secara Alami

284
0
SHARE
Menginduksi Persalinan Secara Alami
source : bidanku.com

KabarFemale—Sayangnya tidak ada bukti medis untuk induksi alami persalinan. Metode paling aman untuk memulai persalinan adalah dengan obat yang diberikan di rumah sakit. Teknik lainnya masih jadi perdebatan, malah ada yang bisa membahayakan.

Induksi persalinan dengan akupunktur
Akupunktur mungkin bisa menginduksi persalinan. Di wilayah Asia, akupunktur telah digunakan selama berabad-abad untuk memulai persalinan. Di sebuah penelitian, wanita yang mendapat akupunktur lebih mungkin untuk masuk ke tahap persalinan tanpa dorongan medis. Penelitian ini melibatkan 56 wanita dengan usia kehamilan antara 39 hingga 41 minggu. Setengah dari jumlah ini mendapat 3 sesi akupunktur sedang setengah lainnya tidak.

Sebanyak 70 persen wanita yang mendapat akupunktur menjalani persalinan dengan sendirinya, dibanding 50 persen yang menerima pengobatan standar. Wanita yang mendapat akupunktur juga beresiko lebih rendah melahirkan melalui bedah sesar.

Berhubungan seks untuk menginduksi persalinan
Strategi lain untuk menginduksi persalinan adalah dengan berhubungan seks. Meski tidak ada bukti kalau seks bisa memicu persalinan, ada kamungkinan demikian. Seks melepaskan prostaglandin, hormon yang mirip dengan obat yang digunakan untuk menginduksi persalinan.

Pastikan kantong ketuban tidak pecah dan dokter atau bidan mengizinkannya. Pria harus melakukan ejakulasi di dalam vagina. Ejakulasi mengandung prostaglandin yang menstimulasi serviks dan bisa memicu kontraksi.

Beberapa metode berikut masih menjadi perdebatan para ahli. Meski tidak ada bukti yang mendukung cara ini, jika Anda ingin mencobanya, berkonsultasilah lebih dulu dengan dokter atau bidan:
– Berjalan kaki. Jalan kaki jadi olahraga yang baik. Jalan kaki yang singkat tak apa tapi jalan kaki yang lama bisa menyebabkan kelelahan.

Makanan pedas. Sebenarnya tidak ada hubungan langsung antara perut dan rahim. Jadi tidak ada alasan untuk memilih makanan tertentu agar terjadi kontraksi.

Minyak kastor. Wanita hamil bisa minum sedikit minyak kastor setelah minggu 38. Tidak ada efek langsung minyak kastor pada rahim, tapi mengarah pada stimulasi perut. Minyak kastor baik digunakan bila tubuh siap untuk menjalani persalinan. Tapi tidak ada bukti tentang menginduksi persalinan menggunakan minyak kastor. Anda juga perlu berhati-hati karena minyak kastor bisa menyebabkan diare dan ibu mengalami dehidrasi.

Bila tanggal perkiraan melahirkan sudah lewat, dokter atau bidan bisa menganjurkan induksi persalinan di rumah sakit. Bagi wanita dengan kehamilan resiko tinggi, induksi dilakukan sangat dekat dengan tanggal perkiraan melahirkan. Beberapa komplikasi kehamilan membutuhkan induksi sebelum tanggal perkiraan melahirkan. Untuk kehamilan dengan resiko rendah, 42 minggu adalah batas untuk melanjutkan kehamilan.

 

AFI150401

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY