Menghitung Usia Hamil dengan Kalkulator Kehamilan

Menghitung Usia Hamil dengan Kalkulator Kehamilan

690
0
SHARE
© visihow

KabarFemale—Bagi Anda yang pertama kali baru merasakan sensasi dari kehamilan anak pertama, pasti masih bingung dengan bagaimana cara menghitung usia kehamilan. Selain berkunjung dan berkonsultasi ke dokter untuk memantau terus usia kehamilan, sebenarnya Anda juga bisa kok menghitung usia kehamilan Anda sendiri dengan kalkulator kehamilan.

Berikut adalah metode menghitung usia hamil dengan Kalkulator Kehamilan:

Aplikasi Kalkulator Kehamilan. Dengan menggunakan Kalkulator Kehamilan Anda dapat mengetahui kapan perkiraan hari lahir dari bayi Anda. Selain itu Anda juga bisa menghitung usia kehamilan Anda dengan metode kalender. Berikut adalah cara menghitung usia kehamilan dengan metode kalender. Perhitungan ini didasarkan dengan menggunakan rumus Neagele

Rumus Kehamilan Naegele:

Untuk memperoleh Hari Perkiraan Lahir (HPL) tidaklah susah, Anda hanya butuh menambahkan 7 (+7) pada Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) untuk menemukan tanggal, lalu kurangi 3 (-3) untuk memperoleh bulan dan ditambah dengan 1 (+1) untuk memperoleh tahun.

Untuk umur bulan yang tidak bisa dikurangi dengan angka 3 yaitu Januari, Februari dan Maret maka untuk menmperoleh bulan tambahlah dengan 9 (+9) dan untuk tahun tidak perlu ditambah lagi. Rumus ini hanya berlaku untuk siklus haid yang normal berkisar 28-30 hari.

Contoh Penghitungan kehamilan dengan rumus Neagele:

· Untuk bulan yang bisa dikurangi 3:
HPHT = 5 September 2014 atau 05-09-2014

Maka penghitungan HPL adalah sebagai berikut:

HPL = tanggal (5+7) =12, bulan (9-3)=6, tahun (2014+1)=2013. Maka Anda mendapatkan Hari Perkiraan Lahir (HPL) pada tanggal 12 Juni 2015.

· Untuk bulan yang tidak bisa dikurangi 3:
HPHT = 7 Januari 2014 atau 07-01-2014

Maka penghitungan HPL adalah sebagai berikut:

HPL = tanggal (7+7) = 14, bulan (1+9) =10, tahun (2014) = 2014. Maka ANda mendapatkan Hari Perkiraan Lahir (HPL) pada tanggal 14 Oktober 2014

Jika Anda memiliki siklus haid tidak normal atau selain 28-30, misal lebih cepat atau lebih lambat maka Anda tetap bisa menghitungnya dengan menggunakan rumus sebagai berikut:
Hari Perkiraan Lahir (HPL) = Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT )+ 9 bulan + Siklus Haid (Rata-rata–21 hari)

Tetapi semua itu hanya sekedar perkiraan saja, karena kita tidak tahu kapan proses pembuahan sel ovum berhasil pada saat masa-masa subur Anda. Namun dengan mengetahui hari perkiraan lahir juga penting, setidaknya Anda bisa mempersiapkan segala kebutuhan menjelang hari kelahiran. Semoga dengan mengetahui cara penghitungan usia kehamilan dapat membantu Anda dalam memantau kehamilan Anda.

 

BFI1502012

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY