Menghitung Kehamilan selain dengan Kalkulator Usia Kehamilan

Menghitung Kehamilan selain dengan Kalkulator Usia Kehamilan

273
0
SHARE
Menghitung Kehamilan selain dengan Kalkulator Usia Kehamilan
Source: Nebolet

KabarFemale – Adalah sebuah hal yang penting untuk seorang ibu hamil mengetahui berapa usia kehamilannya. Pertama, Anda jadi tahu bagaimana perkembangan janin dan apakah sudah sesuai dengan perkembangan berdasarkan umurnya atau tidak. Kedua, Anda jadi tahu apa asupan yang penting dan dibutuhkan selama masa itu berlangsung. Dan yang tidak kalah penting adalah Anda bisa mempersiapkan diri dengan segala hal yang akan terjadi di usia kehamilan yang sedang berlangsung. Walau Anda bisa menghitung usia kehamilan dengan kalkulator usia kehamilan yang banyak disebar di internet, banyak juga cara lain untuk mengetahui usia kehamilan Anda.

Cara selain Kalkulator Usia Kehamilan

Anda tidak hanya bisa menghitung usia kehamilan dengan kalkulator usia kehamilan saja. Banyak cara lain mulai dari yang tradisional hingga dengan alat dan tenaga medis. Bagaimana saja caranya?

Cara tradisional

Adalah rumus Neagele, salah satu cara tradisional dan sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menghitung usia kehamilan Anda sekarang ini. Dengan menggunakan rumus ini, Anda bahkan bisa mengetahui HPL atau hari perkiraan lahir bayi Anda.

Untuk menggunakan rumus ini, Anda perlu menyiapkan data HPHT Anda. HPHT adalah hari pertama haid terakhir. Karena itu, jangan sepelekan bidan atau dokter yang mengatakan penting sekali untuk mencatat siklus bulanan haid Anda. Ini akan berguna untuk Anda ketika menikah dan hamil.

Nah, HPHT tersebutlah yang kemudian akan membantu Anda dalam menghitung usia kehamilan sekaligus hari perkiraan lahirnya. Rumusnya adalah :

(H+7), (B-3), (T+1) = HPL

H : Hari

B : Bulan

T : Tahun

H,B dan T didapat dari HPHT Anda. Dan rumus ini hanya digunakan untuk mereka yang memiliki siklus haid normal antara 28 hingga 30 hari setiap bulannya. Jika siklus Anda tidak normal, maka gunakan rumus ini :

HPHT + 9 B + SH – 21 H = HPL

HPHT : Hari pertama haid terakhir

B : bulan (30 hari)

SH : siklus haid bulanan (selain 28 sampai 30 hari)

H : hari

HPL : Hari perkiraan lahir

Selain cara di atas, ada juga cara tradisional dengan rumus Fundus Uteri di mana Anda bisa memperkirakan usia kehamilan dengan bantuan 2 jari. Cara ini memang sekarang mulai ditinggalkan, namun dulu sangat banyak digunakan.

Cara modern

Cara modern untuk menghitung usia kehamilan jelas dengan bantuan teknologi dalam dunia medis. Anda bisa dengan mudah menghitung usia kehamilan dengan datang ke dokter kandungan atau bidan dan melakukan prosedur USG. Dengan begitu, Anda akan tahu berapa usia kandungan Anda sekarang.

BFI15030221

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY