Mengenal Bahan Dasar Alat Masak (Bagian 1)

Mengenal Bahan Dasar Alat Masak (Bagian 1)

614
0
SHARE
(c) Mdfyw

RajaNego—Anda bisa memperoleh alat masak yang terbuat dari berbagai material, mulai dari tembaga hingga porselen. Mana yang harus dibeli bergantung pada bagaimana Anda akan menggunakannya. Berikut ini yang perlu Anda tahu sebelum berbelanja alat masak.

Alat masak berbahan tembaga

Alat masak dari tembaga dikenal dengan kemampuannya untuk menghantarkan panas dan memasak makanan secara merata. Panci serta wajan tembaga dengan cepat dapat mencapai suhu yang diinginkan dan tetap stabil, sehingga cocok untuk menggoreng atau memasak daging. Tampilan warnanya juga indah.

Yang menjadi kekurangan adalah harganya yang mahal dan sangat reaktif terhadap asam. Kini produk ini kebanyakan dilapisi oleh stainless steel atau kaleng, tapi tembaga murni bisa mengakibatkan warna keabuan. Anda sebaiknya tidak menggunakan alat masak tembaga pada kompor dengan lapisan keramik.

Alat masak berbahan aluminium

Panci serta wajan dari aluminium bersifat ringan serta konduktor panas yang sangat baik. Bahan aluminium dapat mendistribusikan panas secara merata. Aluminium mentah bersifat reaktif terhadap alkalin dan bahan asam seperti tomat, sayuran berdaun, dan jeruk, juga rentan melengkung dan tergores. Panci aluminium dapat mengubah warna beberapa jenis makanan. Tapi kebanyakan panci aluminium dilapisi oleh aluminium oksida yang bisa meningkatkan kinerjanya.

Alat masak berlapis besi

Wajan besi bagus untuk mendidihkan secara perlahan atau menggoreng hingga garing dan kecoklatan. Harga alat masak berlapis besi tidak mahal, tidak melengkung, dan menjadi konduktor panas yang baik. Jika digunakan dengan benar, permukaannya tidak akan lengket.

Meski dapur dibilang belum lengkap tanpa wajan dari besi, ada juga kekurangannya. Alat masak besi biasanya berat, bersifat reaktif, perawatannya sulit, dan tidak cocok untuk semua masakan. Lapisan besi bisa terlepas ke makanan. Serpihan logam pada makanan bisa berbahaya bagi sebagian orang.

Alat masak berbahan keramik

Panci dan wajan dari bahan keramik kemungkinan yang paling serbaguna dibanding yang lain. Produk ini bisa tahan dari panas yang dapat melelehkan stainless steel, jadi aman pada oven namun masih bisa digunakan untuk menyimpan makanan di lemari pendingin atau freezer. Tidak seperti bahan logam, keramik bisa digunakna di microwave. Perawatannya mudah dengan lapisan anti lengket yang alami. Tampilannya yang glossy membuat penyajian masakan jadi menarik.

Disamping keunggulan dan kualitas estetikanya, alat masak berbahan keramik juga memiliki kekurangan. Alat masak ini biasanya berat dan tidak praktis serta pecah jika terjatuh. Keramik lantai Anda juga bisa retak karenanya.

 

AFI150201

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY