Mengenal Bahan Dasar Alat Masak (Bagian 2)

Mengenal Bahan Dasar Alat Masak (Bagian 2)

336
0
SHARE
(c) Dreamstime

RajaNego—Berikut ini lanjutan dari informasi tentang material pembuat alat masak:

Alat masak berbahan kaca

Material kaca tidak berpori dan bersifat non reaktif. Karakter non reaktif bermanfaat khususnya untuk makanan dengan kadar asam tinggi seperti tomat atau ragi. Kaca yang tidak berpori menjadi faktor penting bagi orang yang mengutamakan keamanan, mengingat alat masak dari logam dapat melepaskan partikel logam pada makanan. Alat masak kaca dapat memanggang lebih cepat dan menjaga panas lebih lama dibanding alat masak logam.

Kekurangannya, kaca berat dan rentan pecah ketika terjatuh. Kaca juga sulit dibersihkan ketika digunakan untuk memanggang masakan. Alat masak kaca tidak dianjurkan pada kompor berlapis keramik.

Alat masak anti lengket

Alat masak dengan lapisan anti lengket mudah digunakan dan juga bersih. Masakan jadi lebih sehat, karena Anda hanya menggunakan mentege atau minyak lebih sedikit, ada juga tipe yang aman digunakan pada oven. Alat masak anti lengket semakin populer dan kadang orang lupa dengan aspek negatif dari lapisan anti lengketnya.

Alat masak dengan lapisan anti lengket hanya bisa digunakan bersama alat masak yang aman, seperti plastik dan kayu. Spatula logam dapat menggores lapisannya. Penggunaan yang berlebihan mengakibatkan lapisan anti lengket terkelupas dan tercampur dalam makanan.

Alat masak berbahan Silikon

Alat masak ini terbuat dari pasir, okigen, dan silikon anti lengket. Silikon tidak reaktif, ringan, dan aman digunakan pada oven, microwave, lemari es, freezer, dan mesin pencuci piring. Tapi harganya relatif lebih mahal dan kadang tidak stabil saat digunakan.

Alat masak berbahan Stainless Steel

Alat masak ini terbuat dari campuran logam, yang biasanya termasuk kombinasi baja, karbon, nikel, dan krom. Dibuat tidak berpori, tahan lama, tahan karat, dan mudah dibersihkan.

Alat masak stainless steel termasuk mahal, terutama jika dipadukan dengan logam lain seperti tembaga yang biasanya digunakan untuk meningkatkan sifat konduktornya. Selain itu, stainless steel cenderung berubah warna di bawah panas tingi dan berbintik jika terpapar air garam. Jika tergores, krom dan nikel bisa terlepas ke makanan Anda.

Alat masak berbahan Titanium

Titanium sangat ringan dan kuat, juga memanaskan secara merata dan cepat. Alat masak titanium tidak berpori, non reaktif, tidak mengakibatkan alergi, dan bisa memiliki lapisan anti bakteri. Alat masak ini tahan terhadap goresan dan tidak melengkung, sehingga aman digunakan pada oven. Anda cukup mengelapnya dengan kain untuk membersihkannya.

Sayangnya, alat masak ini berharga sangat mahal. Banyak orang yang mengeluarkan dana ekstra demi alat masak berbahan titanium dan menganggapnya sebagai investasi karena titanium akan selalu terlihat baru meski telah bertahun-tahun digunakan.

 

AFI150201

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY