Mengatasi Stretch Marks

Mengatasi Stretch Marks

147
0
SHARE
Source: shutterstock

KabarFemale—Stretch marks pada kulit lebih umum terjadi pada wanita dibanding pria, dan bervariasi ukuran serta bentuknya. Stretch marks disebabkan oleh penambahan berat badan yang cepat, dengan kehamilan dan pubertas menjadi waktu paling umum terjadinya stretch marks.

Ketika tubuh mengalami pertumbuhan yang cepat di dalam dibanding di luar, lapisan elastis yang ada di dalam kulit merenggang dan sobek. Stretch marks yang terlihat sebenarnya jaringan luka yang terbentuk untuk menyembuhkan luka. Stretch marks cenderung lebih parah di area yang terpengaruh gravitasi, seperti payudara dan bokong.

Anda akan melihat stretch marks seperti tanda bergelombang di perut, payudara, bokong, dan paha. Awalnya stretch marks muncul dengan warna merah keunguan, lalu perlahan memudar menjadi putih dan kurang terlihat pada periode 6 hingga 12 bulan.

Kekurangan zat besi juga tekait dengan berkembangnya stretch marks. Jika Anda mudah mengalami stretch marks, Anda bisa jadi kekurangan mineral zat besi yang penting untuk perbaikan kulit. Untuk hasil terbaik pilih suplemen yang ditambahkan magnesium dan vitamin B6 untuk penyerapan yang optimal. Vitamin C juga penting karena membantu menjaga elastisitas kulit melalui perannya dalam produksi kolagen.

Pencegahan stretch marks
Menjaga kelembaban dan fleksibilitas di area yang terkena stretch marks akan mengurangi kemungkinana stretch marks muncul. Coba pijat area yang terkena setiap hari untuk menjaga fleksibilitas kulit dan mengurangi kemungkinan berkembangny astretch marks, terutama di saat hamil. Hindari menambah berat badan dengan cepat dengan menjaga pola makan dan gaya hidup sehat. Perbanyak makan buah dan sayur segar, kacang-kacangan, dan hindari makanan berlemak. Minum sekitar dua liter air per hari juga jadi bagian penting untuk menjaga kesehatan. Jika Anda hamil, coba minum multivitamin dan mineral khusus yang mengandung zinc untuk memastikan Anda mendapat jumlah nutrisi yang mencukupi untuk Anda dan janin.

Olahraga teratur juga penting. Jangan lupa untuk berkonsultasi ke dokter sebelum melakukan aktifitas olahraga, khususnya di saat hamil. Karena stretch marks lebih parah di area yang terpengaruh gravitasi, pastikan untuk mengenakan bra yang nyaman untuk mengurangi tindakan gravitasi pada payudara selama hamil dan menyusui.

Sayangnya, sekali stretch marks muncul, sifatnya akan permanen, tak ada yang bisa membuatnya hilang, tapi bisa memudar seiring waktu. Konsultasikan ke dokter bila Anda tiba-tiba mengalami stretch marks dalam jumlah banyak, ini bisa menjadi tanda penyakit hormonal tertentu. Bila Anda mengkonsumsi obat steroid dan mengalami stretch marks, bisa jadi ini adalah efek samping dari obat yang Anda minum, berkonsultasilah pada ahli profesional untuk mendapat informasi lebih lanjut.

AFI150501

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY