Mengatasi Rasa Takut Untuk Hamil Kembali

Mengatasi Rasa Takut Untuk Hamil Kembali

208
0
SHARE
Source : parenting-basics.blogspot.com

Kehilangan anak yang diidamkan baik karena keguguran atau kelahiran mati menjadi hal yang sangat menyedihkan. Rasa takut peristiwa yang sama akan terjadi lagi bisa membuat Anda ragu untuk hamil kembali. Rasa takut dan khawatir menjadi respon yang normal setelah merasa kehilangan dan berduka. Tapi jika Anda berkomitmen untuk memiliki anak dan ingin mencoba hamil lagi, ada beberapa cara untuk mengontrol kecemasan dan tetap berpikir optimis:

Berkonsultasi dengan dokter

Sebelum mencoba hamil lagi, diskusikan kecemasan Anda dengan dokter. Pastikan ia menyetujui rencana Anda, dan jadikan ia sebagai partner sepanjang program kehamilan Anda. Anda tidak hanya bisa mengajukan pertanyaan tentang apa yang terjadi pada kehamilan Anda sebelumnya, Anda juga bisa merasa nyaman karena dokter yakin Anda bisa hamil lagi dan perlu mencobanya.

Atur ekspektasi Anda

Ketika hamil, jangan terkejut jika Anda tidak terlalu merasa senang. Wajar saja jika Anda merasa stres antara harapan dan khawatir, terlalu percaya diri atau terlalu bahagia. Anda akan menahan diri untuk merasa terlalu bahagian terlalu cepat, karena jika ada masalah, rasa kecewa untuk kesekian kalinya akan terasa lebih berat. Luka akibat kehilangan si buah hati tidak akan bisa hilang, jadi berbaik hatilah dan bersabar pada diri sendiri.

Bersikap tenang

Hal yang harus diingat, kehamilan yang sekarang berbeda dengan sebelumnya. Saat mendengar detak jantung janin, melewati trimester pertama, melihatnya melalui USG, dan seterusnya, Anda bisa yakin kalau semua berjalan baik. Anda belum bisa bernafas lega hingga melewati titik dimana Anda kehilangan kehamilan sebelumnya. Fokuskan energi Anda untuk tetap tenang. Jalani latihan relaksasi untuk tetap tenang. Ikuti kelas yoga pranatal atau terapi alternatif yang bisa membantu Anda rileks seperti pijat atau akupunktur. Ungkapkan rasa takut pada pasangan agar Anda berdua bisa saling mendukung. Seringlah berkonsultasi dengan dokter untuk menghilangkan rasa cemas.

Dekat dengan calon bayi Anda

Beberapa wanita, ketika hamil tapi masih berduka atas kematian janin sebelumnya, mencoba membatasi diri dengan menjaga jarak dan tidak terlalu dekat dengan si janin. Kondisi ini tidak mengejutkan karena kehilangan adalah hal yang tidak mudah dan mengalami hal itu kembali terasa sangat sulit. Tapi menjadi orangtua berarti harus cukup berani membuka hati untuk apapun yang terjadi. Banyak rasa berkecamuk dalam diri Anda. Ada rasa takut dan senang, tapi jangan menyangkal perasaan Anda sendiri, biarkan batin Anda terikat secara emosional dengan makhluk kecil yang sedang tumbuh di dalam tubuh Anda.

AFI150101

 

Temukan berbagai kabar terkini seputar dunia wanita mengenai health, beauty, fashion, kuliner, relationship, inspiration, mom, kids, juga lifestyle dan entertainment. Hanya di kabarfemale.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY