Mengatasi Morning Sickness Di Kehamilan Trimester Pertama

Mengatasi Morning Sickness Di Kehamilan Trimester Pertama

208
0
SHARE
Mengatasi Morning Sickness Di Kehamilan Trimester Pertama
Source : clickhealthtips.com

KabarFemale—Sekitar 70 persen wanita mengalami mual dan sebanyak 50 persen mengalami muntah di kehamilan trimester pertama. Ini sangat wajar, tapi bervariasi pada tiap orang. Banyak yang sakit sepanjang hari, beberapa sakit di malam hari, dan lainnya sakit ketika tidak mendapat cukup tidur. Morning sickness bisa mulai terasa paling awal di kehamilan minggu 6 dan cenderung memuncak pada minggu 8 dan 9.

Jadi bagaimana cara mengatasi morning sickness di kehamilan trimester pertama?

Banyak wanita merasakan gejala morning sickness di kehamilan trimester pertama menghilang setelah minggu 12 hingga 14. Cek beberapa tips berikut untuk membuat Anda merasa lebih baik.

Menghirup bau yang segar
Bau tertentu bisa menenangkan perut Anda. Morning sickness sering berkaitan dengan bau. Estrogen jadi hormon yang bertanggung jawab untuk bau, dan bila Anda termasuk orang yang tinggi hormon estrogennya, seperti ketika hamil, Anda akan memiliki hidung layaknya radar.

Bau tidak enak akan membuat Anda mual. Ketika tidak bisa menghindari bau tidak enak, hirup bau yang segar. Bawa botol ekstrak lemon di dalam tas, dan hirup ketika Anda membutuhkannya.

Bicarakan
Bersikap terbuka tentang perasaan Anda bisa membantu mengurangi morning sickness yang Anda alami. Suami mungkin tidak tahu kalau bau sabun yang ia gunakan membuat Anda mual atau mencium Anda setelah makan pizza tanpa menggosok gigi membuat Anda tidak nyaman. Jadi beritahu perubahan yang bisa ia lakukan untuk membuat Anda merasa lebih baik. Bila mood Anda lebih baik, ia akan merasa lebih baik juga.

Banyak minum
Minum 8 gelas cairan tiap hari akan membuat perut Anda merasa lebih baik. Selain itu, penting untuk mendapat cukup cairan karena tubuh Anda lebih membutuhkannya saat hamil. Semakin Anda dehidrasi, Anda akan semakin mual.

Cari makanan yang cocok bagi Anda
Meski tidak berselera makan, Anda perlu mengisi perut. Masalahnya adalah mencari makanan yang nyaman di perut Anda. Tiap ibu berbeda, yang terasa nyaman bagi satu ibu bisa terasa mual bagi ibu lainnya. Meski tidak ada panduan tentang makanan yang baik bagi calon ibu yang mengalami morning sickness, banyak wanita merasa lebih mudah mengkonsumsi makanan tertentu. Makanan berlemak dan pedas bisa mengaduk perut Anda, tapi jika Anda merasa lebih baik memakannya, silahkan saja.

Mengalihkan diri
Mual tidak bisa diabaikan, tapi menemukan cara untuk mengalihkan perhatian Anda akan membuat Anda lupa tentang morning sickness yang Anda rasakan untuk sementara waktu. Cobalah membaca buku, mengerjakan TTS, atau berjalan kaki sebentar. Beberapa calon ibu bahkan merasa lebih baik dengan berolahraga, tapi pastikan untuk berkonsultasi lebih dulu dengan dokter sebelum memulai aktifitas fisik saat hamil. Perhatikan petunjuk tubuh Anda, bila merasa lelah atau lebih mual, berarti waktunya untuk berhenti.

BFI150403(3)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY