Mengabarkan Berita Kehamilan (1)

Mengabarkan Berita Kehamilan (1)

143
0
SHARE
Mengabarkan Berita Kehamilan (1)
source : kompas.com

KabarFemale—Mengabarkan berita kehamilan biasanya menjadi momen yang Anda tunggu. Anda membayangkan senangnya para calon kakek-nenek mendengar anggota keluarga baru akan segera hadir, dan teman serta orang-orang sekitar yang turut senang dan mendoakan.

Tapi kondisinya tidak selalu seperti itu. Ada banyak alasan yang membuat Anda merasa sedikit canggung mengabarkan berita kehamilan kepada orang yang Anda sayangi. Mungkin Anda khawatir mereka mengira Anda terlalu muda, atau tidak stabil untuk membesarkan anak. Mungkin mereka sedang berjuang untuk memiliki anak, mengalami keguguran, atau masalah kesehatan mental setelah melahirkan, dan Anda khawatir mereka berpikir negatif tentang berita yang Anda sampaikan.

Bila Anda menghindari reaksi negatif tentang berita kehamilan Anda, akan terasa sulit untuk berbagi kabar gembira ini. Berikut ini beberapa tips untuk membantu mengatasi reaksi buruk untuk berita gembira tentang kehamilan Anda.

Tenangkan diri
Memang ini lebih mudah dikatakan daripada dilakukan, tapi Anda sudah cukup khawatir tentang trimester pertama kehamilan dan tak pelu lagi menambahnya dengan hal yang belum tentu terjadi. Anda tidak bisa memprediksi reaksi orang terhadap berita kehamilan Anda, jadi jangan menghabiskan waktu memikirkan apa yang mungkin terjadi. Tapi fokuskan perhatian dan energi untuk menjaga diri selama hamil. Perbanyak istirahat, makan dengan baik, dan nikmati saja rahasia kehamilan ini untuk Anda dan pasangan.

Jangan lebih dulu menilai orang lain
Ketika waktunya tiba untuk mengabarkan kehamilan, kadang orang bereaksi tidak seperti yang Anda harapkan. Orang yang Anda kira akan bersikap datar ternyata sangat gembira dan antusias mendengar kehamilan Anda. Dan orang yang Anda kira akan sangat senang ternyata tidak begitu menanggapinya. Anda tidak bisa memprediksi apa yang akan orang katakan atau rasakan, jadi jangan mencoba memprediksinya atau Anda akan menciptakan stres dan kecemasan yang tidak perlu untuk diri sendiri.

Fokus pada perasaan Anda
Anda sedang mengalami ombak emosi, terutama karena perubahan hormonal yang terjadi di dalam tubuh. Di satu waktu Anda mersa sangat senang ,dan bersedih beberapa saat kemudian. Jangan khawatir, hal ini normal. Fokuslah pada rasa senang dengan kehamilan Anda. Tuliskan apa yang Anda sukai dari kehamilan ini dan selalu membacanya ketika Anda merasa cemas tentang reaksi orang terhadap kehamilan Anda.

Berbicara pada pasangan
Bicaralah pada pasangan tentang kecemasan Anda, dan minta juga ia mengungkapkan kekhawatirannya. Berbicara tentang kecemasan Anda akan membantu melepaskan perasaan ini, dan Anda akan merasa lebih tenang. Yang Anda butuhkan adalah dukungan untuk membantu mengatasi reaksi negatif, dan pasangan adalah tempat pertama untuk mendapat dukungan.

 

AFI150301

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY