Mencegah Autisme Saat Hamil, Mungkinkah? (2)

Mencegah Autisme Saat Hamil, Mungkinkah? (2)

162
0
SHARE
Mencegah Autisme Saat Hamil, Mungkinkah? (2)
source : blogspot.com

KabarFemale—Berikut ini lanjutan informasi tentang cara mencegah autisme saat hamil.

Jaga jarak kehamilan
Sebuah penelitian menemukan bahwa kehamilan yang berjarak antara 2 hingga 5 tahun memiliki resiko lebih tinggi melahirkan anak dengan autisme. Peneliti menemukan kalau anak yang dikandung setelah kurang dari 12 bulan, 50 persen lebih mungkin memiliki diagnosa autisme dibanding anak yang dikandung antara 2 dan 5 tahun jaraknya, meski belum jelas penyebabnya.

Sementara, mereka yang dikandung setelah lebih dari 60 bulan, 30 persen lebih mungkin terdiagonsa autisme. Tapi, perlu diingat bahwa resiko autisme meningkat seiring usia kedua orangtua pada saat konsepsi dan fertilitas wanita menurun ketika bertambah usia.

Tingkatkan asupan asam folat
Bicaralah pada dokter tentang konsumsi suplemen asam folat. Beberapa penelitian menunjukkan kalau penurunan asupan asam folat, baik melalui pola makan atau karena kurang suplemen, bisa jadi faktor resiko untuk autisme. Wanita hamil dianjurkan mengkonsumsi antara 400 hingga 800 mikrogram asam folat setiap hari.

Menjaga kesehatan
Peneliti meyakini kalau kesehatan ibu selama hamil memiliki dampak pada bayi yang belum dilahirkan, dan sindrom sprektrum autisme tidak menjadi pengecualian untuk hal ini. Misalnya, wanita yang sakit parah dan membutuhkan perawatan di rumah sakit selama hamil bisa lebih mungkin memiliki bayi yang menderita autisme. Secara spesifik, penelitian menunjukkan keterkaitan antara infeksi maternal selama hamil dan resiko untuk anak mengalami gangguan spektrum autisme.

Secara umum, wanita harus melakuan apa yang mereka bisa untuk tetap sehat selama hamil. Ini termasuk mengoptimalkan nutrisi, minum vitamin pranatal seperti yang dianjurkan dokter kandungan, menghindari paparan obat yang tidak perlu, dan memastikan mendapat vaksinasi terbaru. Sebuah penelitian juga menemukan kalau diabetes gestasional yang berkembang di kehamilan 26 minggu terkait dengan peningkatan resiko gangguan spektrum autisme.

Memberi kesempatan untuk diri sendiri
Para ibu terlalu bersikap keras pada diri sendiri, dan terutama penting untuk memahami kalau berbicara tentang spektrum gangguan autisme, hal ini kebanyakan di luar kendali. Ada banyak tekanan pada wanita hamil untuk menentukan pilihan yang tepat, khususnya kecemasan tentang potensi anak mengalami atutisme dan gangguan lainnya. Bagi beberapa wanita hal ini bisa memicu stres dan kecemasan, keduanya bisa bertolak belakang bagi kesehatan mental yang baik untuk ibu hamil. Jadi meski wanita perlu diinformasikan tentang resiko potensial selama hamil, mereka juga perlu ingat bahwa tidak ada faktor lingkungan yang secara langsung menyebabkan autisme dan hanya bisa dianggap faktor resiko potensial. Mengetahui informasi ini bisa membantu menata perilaku Anda dan tidak menjadi alasan untuk munculnya rasa cemas atau menyalahkan diri sendiri.

 

 

AFI150501

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY