Mencegah Autisme Saat Hamil, Mungkinkah? (1)

Mencegah Autisme Saat Hamil, Mungkinkah? (1)

156
0
SHARE
Mencegah Autisme Saat Hamil, Mungkinkah? (1)
source : tipscaraterbaik.com

KabarFemale— Ketika tes kehamilan menunjukkan hasil positif, calon orangtua akan melakukan apa saja untuk melindungi calon anak mereka, termasuk mengurangi resiko gangguan spektrum autisme, yang terjadi pada 1 dari 68 anak. Beberapa penelitian menyatakan pencegahan ini bisa dilakukan sebelum bayi lahir. Sebuah penelitian menemukan perbedaan pada otak anak dengan autisme pada kehamilan trimester kedua. Meski belum diketahui penyebab pastinya, gangguan spektrum autisme bisa terjadi karena berbagai faktor seperti genetik, lingkungan, atau interaksi keduanya.

Meski Anda tidak bisa mengubah gen, Anda bisa mengurangi paparan pada faktor lingkungan tertentu yang terkait dengan gangguan spektrum autisme. Perubahana gaya hidup ini tidak bersifat absolut,wanita hamil perlu mengambil langkah proaktif untuk melindungi bayi dari bahaya potensial.

Mengurangi paparan dari polusi udara
Kondisi lingkungan yang terkait dengan resiko autisme adalah polusi udara. Penelitian menemukan kalau resiko meningkat untuk anak yang lahir dari wanita yang terpapar polusi tingkat tinggi, khususnya di trimester ketiga. Semakin tinggi tingkat paparan, akan semakin besar resikonya. Ada beberapa hal yang bisa melindungi diri dari polusi udara seperti mengisi bahan bakar di malam hari, berolahraga di area yang jauh dari kemacetan lalu-lintas, dan melakukan olahraga di dalam ruangan saat tingkat polusi tinggi.

Hindari bahan kimia beracun
Satu penelitian menemukan paparan lingkungan terkait dengan autisme, khususnya polutan yang terkait lalu-lintas, bahan logam, dan pestisida serta pthalates. Akan membingungkan untuk mencari tahu secara pasti bahan kimia mana yang beracun, seperti yang ada pada plastik atau kosmetik. Bicaralah pada dokter tentang apa yang baik untuk Anda. Anda juga perlu membatasi diri dari makanan kalengan dan hindari air kemasan plastik.

Periksa obat yang Anda minum
Penelitian menemukan resiko potensial terkait obat yang diminum ibu ketika hamil dan resiko autisme. Misalnya, penggunaan anti depresi menunjukkan keterkaitan dengan autisme. Meski masih belum jelas apakah ini terkait dengan obat atau tingkat depresi ibu. Sebuah penelitian lain juga menunjukkan valproate, obat yang digunakan untuk mengatasi epilepsi dan gangguan neurologikal lain, bisa meningkatkan resiko autisme. Berbicaralah pada dokter untuk memastikan obat yang Anda konsumsi lebih banyak manfaatnya daripada resikonya. Misalnya, bila ibu mengalami seizure saat hamil, resikonya lebih besar bagi janin daripada obat yang digunakan untuk mengontrol seizure. Bila ibu mengalami epilepsi, sangat penting untuk mengontrolnya selama hamil, meski dengan penggunaan valproate.

 

 

AFI150501

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY