Membersihkan Panci Gosong

Membersihkan Panci Gosong

187
0
SHARE
(c) Wikihow

RajaNego—Sepertinya hampir semua orang pernah melakukan ini, panci terlalu lama di atas kompor atau Anda lupa saat menghangatkan sayur hingga kering. Hasilnya sudah bisa ditebak, panci menjadi gosong dan sulit dibersihkan. Anda tak perlu khawatir, gunakan bahan-bahan sederhana berikut ini untuk membersihkan panci atau wajan.

Cuka dan baking soda

Tidak butuh banyak alat untuk membersihkan panci gosong. Ambil satu cangkir cuka, beberapa sendok makan baking soda, dan air. Yang Anda butuhkan selanjutnya adalah spon dua sisi untuk mengelap permukaan panci.

Isi panci dengan air. Jumlah air yang digunakan bervariasi berdasarkan kedalaman panci dan area noda. Tingkat air mendekati tinggi noda, tapi masih ada ruang cukup untuk tambahan cuka dan baking soda. Tambahkan cuka ke dalam panci, kembali atur jumlah cuka berdasarkan kedalaman panci dan area noda. Untuk area gosong yang banyak, tambahkan lebih banyak cuka. Untuk noda kecil atau panci yang cetek, kurangi jumlah cuka.

Tempatkan panci atau wajan di kompor dan didihkan campuran cairan tadi. Angkat panci dan matikan kompor. Tambahkan dua sendok makan baking soda ke campuran air dan akan terbentuk gelembung. Biarkan desisan air bekerja selama beberapa menit sebelum mengosongkan cairan dari panci.

Gosok panci dengan spon. Anda perlu menggosok selama 30 hingga 45 detik, tapi area gosong akan dengan mudah dibersihkan. Jika noda masih membandel, percikkan baking soda kering di atasnya agar noda mengelupas. Jika panci sudah bersih, bilas dengan air dan panci akan terlihat seperti baru.

Saos tomat

Bila panci atau wajan tembaga Anda terkena noda, Anda bisa mencerahkannya dengan saos tomat. Ini lebih murah dibanding penghilang noda yang dijual di pasaran dan aman digunakan tanpa sarung tangan. Lapisi permukaan tembaga dengan saos tomat. Biarkan selama 5 hingga 30 menit. Asam di saos tomat akan bereaksi terhadap noda dan membersihkannya. Bilas panci dan segera keringkan.

Garam

Garam juga bisa Anda gunakan untuk membersihkan panci gosong. Rendam panci semalaman dengan air garam. Didihkan air garam di panci keesokan harinya. Noda akan terangkat. Susu gosong menjadi noda paling sulit dibersihkan, tapi garam membuat noda mudah dibersihkan. Basahi panci yang gosong dan percikkan dengan garam. Tunggu 10 menit lalu gosok panci. Garam juga akan meyerap bau dari susu gosong.

Lemak sulit dihilangkan dari panci besi, karena tidak larut di air. Untuk mengatasinya, percikkan garam di panci sebelum mencucinya. Panci akan menyerap hampir semua lemak. Lap panci dan cuci seperti biasa.

 

AFI150201

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY