Memasak Dengan Wajan Besi

Memasak Dengan Wajan Besi

335
0
SHARE
Source: google

KabarFemale— Keuntungan dari wajan besi adalah harga yang murah, permukaan tidak lengket, dan tidak mudah rusak.

Bobot besi yang membuat performanya sangat baik. Besi bukan konduktor panas yang baik, lambat menjadi panas atau dingin, dan saat sepenuhnya dipanaskan, akan memiliki titik panas. Tapi ketika wajan besi dipanaskan, dapat menahan panas, membuat pilihan yang baik untuk semua jenis metode memasak.

Satu alasan orang sangat menyukai wajan besi adalah patina yang dapat meningkatkan kegunaan wajan. Ketika minyak meresap ke permukaan wajan, dapat menghilangkan kekasaran mirkoskopik logam yang bisa menyebabkan makanan melekat, menciptakan permukaan yang tidak lengket.

Merawat wajan besi lebih mudah dari yang Anda kira. Ada tiga hal dasar, yakni mencuci, mengeringkan, dan melapisi dengan minyak. Karena deterjen bisa mengurangi patina, cuci wajan dengan air panas dan spon. Jangan menggunakan mesin pencuci piring. Jika makanan lengket pada wajan, rendam di air panas untuk mengatasinya.

Keringkan wajan sepenuhnya untuk menghindari karat. Anda bisa letakkan wajan di dalam oven yang hangat untuk pengeringan menyeluruh. Lalu ketika masih hangat, lapisi minyak tipis sebelum menyimpannya di tempat kering dengan posisi miring untuk menghindari cairan yang tersisa.

Jika wajan kehilangan lapisan anti lengket yang bisa terjadi bila digosok dengan spon baja, ada cara sederhana untuk melapisinya kembali. Yang harus Anda lakukan adalah mengelap bagian dalam wajan dengan lapisan minyak tipis lalu panggang di posisi terbalik di suhu 400 derajat F selama satu jam. Matikan oven dan biarkan wajan di oven hingga dingin.

Anda mungkin butuh dua tangan untuk mengangkat wajan besi tapi justru berat ini yang membuat performanya sangat bagus. Panci antilengket tidak bisa digunakan untuk panas tinggi, sehingga tidak bisa membuat warna gorengan kecoklatan yang bagus. Wajan logam biasa bisa digunakan pada panas tinggi untuk menggoreng, namun makanan mudah lengket. Tapi wajan lapis besi bisa digunakan pada panas tinggi untuk menggoreng cantik makanan.

Bebebrapa hal lain tentang wajan besi:
– Wajan tebal, berat, dan berlapis besi mendistribusi panas secara merata untuk memproduksi hasil gorengan yang bagus dan bertekstur garing.
– Yang tidak boleh Anda lakukan dengan panci lapis besi adalah mendidhkan air karena akan membuat panci berkarat.
– Lapisan besi butuh waktu lebih lama untuk hangat dibanding permukaan lain dan menjaga panas dengan baik serta menyebarkannya secara merata.
– Lapisan besi tetap panas lama setelah diangkat dari kompor.
– Memasak dengan panci besi meningkatkan kandungan besi pada makanan. Semakin lama makanan kontak dengan wajan, semakin banyak yang terserap.

AFI150301

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY